Sunday, May 2, 2010

Reconnect to IPv6.he.net

Dua minggu ini IPv6, account tunnel broker saya hidup kembali setelah sekian lama-nya down. Account ini aktif sejak domain corebsd.or.id diregister mungkin sekitar tahun 2000-2001. Dulu tunneling ipv6 ini digunakan untuk iseng-iseng oprek, mainan vhost untuk EFnet yang sudah sejak dulu aktif IRC server berbasiskan IPv6. Reverse dns masih model lama dengan .int yang saat ini diganti dengan .arpa. Mugkin saat itu corebsd.or.id satu-satunya domain Indonesia yang pertama mengaktifkan berbasiskan IPv6. Ah.. itu jaman dahulu, yang pasti sekarang fitur-fitur hurricane electric bertambah, bahkan ada free sertifikasinya. Oh iya corebsd.or.id awalnya menggunakan koneksi yg rada lemot (bandwidth masih mahal) di Gedung I (Electrical Engineering) Universitas Kristen Petra tempat saya Tidur/Kuliah/Cuci Baju/Belajar dulu.

Nah kembali ke konektivitas, saat ini IPv6 kembali aktif bahkan lebih massive dideploy di Universitas Ciputra tempat saya bekerja. IPv6 masih menggunakan Ipv6 Hurricane Electric sampai kelak jika memang Universitas Ciputra menghendaki real-deployment dengan request IPv6 ke APJII dan melakukan BGP peering dengan IPv6. Hurricane Electric mengalokasikan /48 & /64 untuk kepentingan deploy IPv6 dan memang hal ini sangat amat berlebih kalau digunakan diskala kampus seperti Universitas Ciputra saat ini.

IPv6 /48 = 2^(128-48) = 1,208,925,819,614,629,500,000,000 Host
IPv6 /64 = 2^(128-64) = 18,446,744,073,709,552,000 Host

Sebuah jumlah yang sangat besar.. Kira-kira digunakan buat apa saja sih IP address sebesar itu? Dalam bayangan saya saat ini adalah

  • Konektivitas Standard ( Laptop/Desktop LAN/WLAN )

  • VOIP (Seluruh Civitas)

  • Tracking System (ID Card Staff/Mahasiswa, Apa mau diimplant?hahahaa)

  • Device Aktif (AC, Kulkas, VideoLan, CCTV, LCD, Laser Pointer?, Wireless Microphone? )

  • Library Tracking System (Buku/Koleksi Library  yg dikasih chip untuk tracking)

  • Kalau anda baca blog saya ini bisa ditambahkan kira-kira apa saja yg bisa di IP-kan..

  • .. ayo saya dibantu inspirasinya...

Dengan /48 sudah sangat cukup untuk universitas.

Back to Hurricane Electric tunnel,
Dari dua alokasi address tersebut digunakan dua buah router untuk memberi layanan  kepada mahasiswa, semua menggunakan OpenBSD 4.6 untuk saat ini dan akan diupgrade ke versi 4.7 sehingga fiture OSPF6D dapat digunakan.  Untuk detail hardwarenya silahkan dicheck UCv6 Deployment.

Apakah perlu contoh konfigurasi-nya?

3 comments: