Saturday, April 9, 2016

Samsung Galaxy S7 Edge - Cara Menggunakan GLUE/LEM

#SamsungGLue
Cara Menggunakan LEM - Belajar dari #Samsung
#HowToUseGlue - Rame dengan Samsung karena masalah GAP/celah terbuka. Ada satu hal yang ternyata menambah ilmu. #HowToUseGlue atau cara menggunakan glue atau lem dengan metode baru.

#HowToUseGlue #SamsungWay

Untuk mendapatkan hasil rekatan yang sangat tahan terhadap air maka dibutuhkan cara seperti pada gambar sebelah kiri. Bezel (Metal Frame) bagian atas kemudian ada Glass Edge (Pada bagian bawah). Beri jarak beberapa milimeter supaya lebih flexible atau supaya bisa bernafas. Kemudian isi dengan celah tersebut dengan menggunakan LEM khusus (saat ini tidak tahu dimana beli lem-nya). Tunggu beberapa saat supaya LEM kering (Penulis menunggu preorder 13-maret sampai 29-maret) sehingga kualitas lem yang dihasilkan semakin baik.  Dan gambar dibawah ini adalah hasilnya :

#Samsung S7Edge - #HowToUseGlue
#Samsung S7Edge - #HowToUseGlue #SAMSUNGWAY
Pada bagian atas LED terdapat cahaya akibat proses pengeleman dengan teknologi tinggi; sehingga IP68 certificate pun bisa didapatkan. Nah yang perlu ditanyakan adalah seberapa kuat lem tersebut bisa menahan air? Atau seberapa lama? Apa sih IP68?

IP Code 

IP Code, International Protection Marking atau kadang diartikan sebagai Ingress Protection Marking, merupakan standard yang ditetapkan oleh IEC(International Electrotechnical Commission) 60529 yang berfungsi untuk melakukan klasifikasi tingkat perlindungan terhadap gangguan yang berupa debu, terjatuh, gangguan air dengan teknik engineering pada case, dan terkadang ganguan listrik.  

IEC mengkasifikasikan proteksi pada sebuah device dengan pemberian identitas angka/huruf pada device tersebut, berikut ini arti masing-masing digit:

Karakter Pertama  // Menyatakan Proteksi Terhadap Gangguan SOLID Partikel:
IP Code First Digit
IP Code First Digit // Image Capture Wikipedia (Screenshot)












Karakter Kedua // Perlindungan Terhadap Cairan:

Liquid ingress protection (Incomplete)
Liquid ingress protection (Incomplete) // Wikipedia (Complete Version)




















Samsung Galaxy S7 Edge di pamerkan dengan kemampuan IP68 maka device tersebut akan memiliki proteksi :
6 : Karater Pertama // Perlindungan Terhadap Debu 
8 : Karater kedua // Perlindungan terhadap cairan pada kedalaman 1 meter dengan waktu yang ditentukan oleh samsung 30 menit. 

IP68 pada Samsung Galaxy S8 Edge memang benar teruji pada kedua kondisi tersebut, hanya saja sampai berapa lama LEM bisa mempertahankan kondisi tersebut? 

#HowToUseGlue #NormalWay? 

Bagaimana dengan cara yang seperti ini, penggambaran mungkin kurang terlalu bagus karena memang bukan ahli menggambar, ini terpaksa saja karena ribut dengan Samsung. Jadi Bezel (Metal Frame ) dengan Glass Edge dipasang dengan mempel (tidak ada cleah) kemudian baru LEM di rekatkan pada posisi dalam. Harapannya LEM tidak expose langsung dengan air sehingga mengurangi kontak LEM dengan air.  Secara teknis penulis berpikir bahwa dengan mengurangi kontak LEM & air logikanya semakin kuat; namun logika itu hancur karena masalah dengan produk flagship Samsung  & punya cara yang #Aneh(self define) dalam menghasilkan ponsel si penulis. 


Bagaimana menurut anda yang terbaik cara yang terbaik untuk merekatkan sesuatu? 
#SamsungWay or #NormalWay?(Masih tanda tanya)

Monggo urun rembuk dalam diskusi dengan drop komentar 


#GLueMagic 

4 comments:

  1. Gan layar s7 edge kan lengkung .itu bukan celah tapi refleksi cahaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang lengkung bro. Kalau refleksi cahaya kartu nama bisa masuk,rambut sudah banyak yg tercepit ketika telp. Apakah itu refleksi :)

      Delete
    2. Iya memang lengkung bro. Kalau refleksi cahaya kartu nama bisa masuk,rambut sudah banyak yg tercepit ketika telp. Apakah itu refleksi :)

      Delete
  2. Gan layar s7 edge kan lengkung .itu bukan celah tapi refleksi cahaya

    ReplyDelete