Wednesday, May 18, 2016

Selesai Dengan Samsung

Dear Bhinneka,

Terima Kasih; Dana sudah saya terima, namun saya belum mengerti mengapa tidak ada mutasi pada tgl 17 Mei 2016 (Sepertinya ada kesalahan pada pihak KlikBCA).
Terima kasih atas semua pengalaman singkat menggunakan Flagship Samsung Galaxy S7 Edge & segala hal yang sudah dilakukan untuk mencari yang terbaik menjadi pengalaman yg mantab dan tidak akan terlupakan.
// Saran
Bagi  Bhinneka :
Terus bantu konsumenmu karena dengan itu anda akan memenangkan konsumen;
Bagi Samsung: Mungkin tidak banyak konsumen yang seperti saya; cerewet & bawel dan akan menuntut sesuatu yang sempurna terlebih untuk sebuah flagship dimana konsumen harus membayar mahal. Saya sudah menggunakan banyak mobile device untuk daily usage dan bukan untuk review dan semua dibeli dengan dana sendiri.  Namun karena keinginan kesempurnaan dan capek gonta-ganti HP maka memberanikan diri mencari flagship; namun sayang apa yang didapat sepertinya tidak sesuai yg diharapkan (build quality S7 Edge terlalu luar biasa membingungkan) compare dengan LG, Meizu, Xiaomi, Motorolla, Lenovo bahkan Infinix. Harapan kedepan, semoga tidak banyak konsumen yang seperti saya; sehingga tidak ada masalah atau semoga Samsung semakin memperhatikan detail build quality sehingga tidak ada masalah bagi user seperti saya.
 
Terima kasih bagi Bhinneka & Samsung, walaupun bagi saya ada  wasting time & resource complain  dan juga sedikit kerugian dana  yang ditimbulkan tapi ada hal yang lain yang menjadi pembelajaran bagi saya. Saya sudah selesai dengan Samsung; belum ada hal lain yg menarik untuk kembali.


Salam,

Bayu Krisnawan
Web URL: http://www.krisna.net   Email : moc.liamg@ansirk

Apa yang saya posting diatas adalah balasan email terakhir terhadap Bhineka CC Samsung Indonesia karena apa yang sudah dilakukan menemukan jalan buntu.

Proses penggantian  memakan waktu lama dan tetap adanya resiko build qualty yang kurang sesuai dengan yang diharapkan akhirnya  menuntut kembali dana kepada pihak Bhineka.  Ada beberapa kerugian yang ditimbulkan :
  • Kerugian Dana (Materi) - Pengiriman Product & Biaya Materai Surat Pernyataan tidak terlalu banyak memang (JNE YES + Asuransi ~ Rp 55.000 + Biaya Surat Pernyataan Materai ~ Rp. 8.000,-) 
  • Non Material - Ini yang paling besar; resource waktu untuk mengajukan complain; membuat email balasan; mencari resource pembanding antara unit yang digunakan dengan yang lain sehingga dapat menyimpulkan build quality yang tidak baik; membuat surat  pernyataan penggantian unit; menerima panggilan > 1 jam; Complain facebook untuk menarik Samsung menanggapi masalah yang dihadapi. Ketika ini dinominalkan mungkin akan sama dengan harga ponsel yang dikomplain.
Dari kerugian diatas tetap ada hal yang menjadi keuntungan yakni dana kembali & pembelajaran bahwa brand besar seperti Samsung-pun yang kurang terlalu tanggap memberikan support; ada banyak hal  yang diungkapkan via kaskus Samsung S7/S7 Edge forum berakhir pada replacement bagian bermasalah atau penggantian product, itupun memakan waktu yang luarbiasa lama kisaran 1 Bulan. Hal ini yang digunakan untuk memutuskan meminta pengembalian dana. 

Banyak device yang digunakan sebelum Samsung bahkan termasuk Samsung Galaxy Grand 2 Duos yang hingga saat ini masih digunakan istri; dengan harga yang luar biasa mahal terus terang jauh dari apa yang diharapkan. kecuali jika memang harga produk ini tidak lebih dari 5 juta maka tidak terlalu memperhatikan build quality. Bersyukur jika anda mendapatkan device yang tidak memiliki masalah dengan build-quality; namun akan menjadi masalah besar bagi yang mendapatkan masalah ini.

Akhir kata: 
Saya cukup dengan Samsung // Samsung Indonesia; Belum ada hal yang menarik dari Samsung; Secara build quality product tidak standard; Secara Support memang sangat jelas tapi lambat. Dan bisa dibilang Saya lebih prefer ponsel china; sayangnya tidak banyak ponsel china yang officially masuk Indonesia (no support). Tapi dengan harga dibawah 4 juta atau 5  juta sepertinya saya masih memilih ponsel china. 

Saat ini butuh waktu ulang untuk mencari ponsel dengan kekuatan mempuni buildquality bagus harga tidak sampai selangit. Apakah itu? Redmi Note 3 Pro  // Xiaomi Mi 5 // Xiaomi Mi 4s dari Xiaomi; OnePlus 3 yang belum release?   Saat ini masih menggunakan Redmi Note 3 (Mediatek) price 2.5 juta dan overall bagus  sayang ponsel ini tidak bisa diwariskan karena faktor bahasa (kecuali dengan flash un-official-rom). Mari Hunting Ponsel Murah & tapi gahar....


6 comments:

  1. Awalnya gw kira itu cacat. Gw sama kyk punya lu ada gap tp ttp enak masuk air & rata² S7 semua seperti itu, no problem.
    Ttp Samsung yg terbaik, tak ada pelayanan sebaik Samsung, apa lagi produk china. Amit²

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika ada sebuah ponsel dengan merk sama & tipe sama & harga sama. Pre-order official namun ada perbedaan antara keduanya maka kesimpulannya adalah massive defective; Banyak yang tidak sadar juga banyak yang jadi bagian dari FANSBOY (apapun walau jelek adalah terbaik); jadi apa yang anda katakan adalah wajar saja itu opini pribadi. Opini saya adalah S7 Edge yang saya dapat adalah cacat jika ini bukan dikatakan cacat maka bisa dikatakan "Ponsel harga mahal dengan Build Quality SUCK". Sama dengan apa yang anda katakan Ponsel china amit-amit. Saya akan katakan "Amit-Amit Saya beli Ponsel Flagship harga mahal build quality seperti ponsel buatan kaki lima". Mending sekalian ponsel china; lihat saja peringkat shipping ponsel Huawei/Lenovo notabene dari china sudah tunggu waktu menghajar ponsel tidak jelas. Dan satu lagi "Ponsel Harga Mahal Support SUCK + 30 hari ini layanan terbaik dari mana?" . Compare to Alcate Onetouch Flash Plus (AOFP) yang notabene buatan china di pick-up dan tidak perlu kurang dari 7 hari balik lagi.

      Delete
  2. Hp gue bgitu, tp gak sejelas itu. Gue pake s7 flat sbelumnya, skrg pake s7 edge. 2 2nya sama seperti itu sih.ada sinar dikit.

    Tapi punya agan bayu emang terlalu jelas sinarnya, bahkan terkesan keluar.

    Apa jangan2 punya gue jg cacat ya?

    Bingung....

    ReplyDelete
  3. Hp gue bgitu, tp gak sejelas itu. Gue pake s7 flat sbelumnya, skrg pake s7 edge. 2 2nya sama seperti itu sih.ada sinar dikit.

    Tapi punya agan bayu emang terlalu jelas sinarnya, bahkan terkesan keluar.

    Apa jangan2 punya gue jg cacat ya?

    Bingung....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending ikut seperti orang lain saja yang pakai samsung s7/s7 edge terima apa adanya :). Sayapun berikir apa mungkin karena ekspektasi terlalu tinggi, tapi mengingat harga selangit bukankan wajar ekspektasi tinggi?

      Mending dinikmati saja; karena harusnya sih tidak menggangu untuk mereka yg tidak memperhatikan detail build quality.
      Saat ini saya menggunakan Redmi Note 3; menurut saya design kalau jauh dibandingkan Samsung S7 Edge, tapi build quality menurut saya jauh lebih bagusan dibanding S7 Edge. Mungkin karena design superior implementasi lapangan akhirnya kurang baik.

      Jangan bingung bro.. pakai dulu. Kalau mau upgrade dijual .. gitu saja :)

      Delete
  4. Sory gan ane cuma mau nanya problem build quality nya secara spesifik seperti apa ya saya kok krg bgtu paham.. Maklum kepengen beli s7 edge mau tau problem2 yg trjdi kira2 seperti apa.. Trima ksh

    ReplyDelete