Saturday, August 20, 2016

Mi Wi-Fi Repeater Simple Wi-fi Expander

Beberapa waktu yang lalu saya belanja berbelanja disalah satu online shop karena ada promo yang menarik, belanja diskon 50% max 100 ribu rupiah. Bingung mau beli apa untuk memaksimalkan kupon belanja, dan setelah melihat-lihat pilihan jatuh pada Mi Wi-Fi Repeater atau Mi Wi-Fi Amplifiers atau Mi Wifi Expander atau entahlah namanya. 
Karena kebutuhan supaya signal wifi lebih kuat karena rencana akan deploy ada beberapa Xiaomi Yi Home Camera yang terpasang dirumah.

Dibeli dengan harga Rp 90.000,- dan beli 2 unit, ditambah ongkos kirim Rp 20.000 jadi hanya dengan 100 ribu dapet 2 unit. Mi Wi-Fi Repeater ini akan digunakan menguatkan signal dari device Gl.Inet 6416 (OpenWRT PPPoe ADSL) dan menggantikan penguat signal Tp-Link MR3020.

Design 
Sangat simple dan menarik, dengan dimensi yang hanya 121.3 x 29.6 x 12 mm dan sumber catu-daya menggunakan USB connector sehingga dapat dengan mudah di colokkan ke laptop atau power-bank atau charger lain USB yang lain. Terdapat 1 LED yang berfungsi sebagai indikator penanda (warna orange, warna biru & merah ) dengan kondisi warna biru ketika koneksi antara access point (AP) dan repeater sudah terhubung. Juga ada lubang (reset button) yang berfungsi untuk melakukan reset unit.

Technical Spec
Mendukung wireless teknologi IEEE 802.11b/g/n secara teknologi tertinggal sedikit dengan 802.11ac namun karena Gl.Inet 6416 juga hanya 802.11n maka sudah cocok. Secara teori 802.11n  mampu mendukung transfer speed hingga 300Mbps dalam kondisi ideal dan karena ini adalah repeater maka tidak akan mungkin mencapai  kecepat itu.
Dan dengan harga Rp 90.000,- sangat cukup sekali apalagi kalau dibilang ini ada diskon sehingga dengan biaya 100.000 dapet dua unit repeater; mending diam saja.

Installasi
Untuk installasi hanya dibutuhkan program "Mi Home" dengan pilihan main-land China dan registrasi Mi Account.  Dan saat digunakan tidak menggunakan AP yang satu jenis tetapi Gl.Inet 6416, ada beberapa repeater yang hanya bisa berfungsi ketika access point(AP) induk menggunakan jenis yang sama. 
Untuk lebih jelasnya silahkan disimak video berikut ini:



Kesimpulan
Dengan budget Rp 90.000,- unit ini sudah sangat baik dan simple digunakan sebagai wireless signal expander. Installasi yang sangat mudah dan kondisi catu-daya melalui USB mungkin kurang begitu menarik karena membutuhkan tambahan charger. Namun mungkin hal ini justru memberi point plus dimana pengguna bisa memasang Wi-Fi Expander ini di powerbank.

1 comment:

  1. Kalau wifi nya gk pakai password/free wifi bisa dengan itu (mi wifi+) om? Kalau bisa tolong dong cara nya..
    Trims

    ReplyDelete