Friday, August 19, 2016

Xiaomi Xiaoyi Simple IP Camera


Yi Home cameraXiaomi Yi Home Camera, merupakan sebuah perangkat smart camera yang berfungsi seperti CCTV dan menawarkan kelebihan berupa fungsi intercom untuk komunikasi bergantian.  Ada dua buah versi yang sudah direlease dan masing-masing versi juga memiliki dua varian yakni varian china, maupun international varian. 

  • Yi Home camera Night Vision // dengan spesifikasi umum
    • Video frame rate : 20fps(1280 × 720)
    • Viewing Angle : 
      • Horizontal viewing angle: 92.7° 
      • Vertical Viewing Angle: 48.7° 
      • Diagonal viewing angle: 111.2°
    • Infrared light : 8 lamps / 940nm (Nigh vision ~ 5 meters)
    • Local Storage : 8-32GB (microsd)
  • YI Home Camera 2
    • Resolution : 1080p25
    • Viewing Angle :  130°
    • Infrared light: 11 high-power infrared LEDs (940nm) with IR cut filter
Yang banyak dijual dan dibeli di Indonesia adalah versi yang pertama dengan varian China sedangkan untuk versi internasional harus dibeli dengan harga lebih mahal. Secara peformance recording maupun hasil versi pertama Yi Home Camera sudah sangat cukup untuk digunakan home security monitoring.  



Dukungan Software
Kamera pantau ini didukung software "YI Home" yang memudahkan untuk melakukan konfigurasi, namun karena versi yang digunakan adalah china maka kita akan bertemu dengan  tulisan dan suara berbahasa china; dan maaf saya juga tidak memahami apa yang dikatakan atau dituliskan dan semoga saja kedepan Xiaomi tidak membeda-bedakan dalam hal bahasa. Jika firmware versi yang lama akan memudahkan dalam hal installasi, namun jika firmware sudah diperbaharui butuh langkah-langkah yang sedikit panjang untuk melakukan install.

Ada beberapa fitur menarik yang ditawarkan namun yang paling menarik adalah fitur dimana Yi Home Camera ini dapat memberikan notifikasi ketika ada pergerakan pada apa yang dimonitor.
Pada "Activity Alerts"  bisa diatur schedule dari event motion detection apakah 24/7 (yang pasti brisik karena setiap ada motion akan mengirimkan notifikasi) atau sesuai dengan jam tertentu.

Pada bagian "Notifications" ada pengaturan yang menarik bahwa Xiaomi Yi Home Camera bisa mengirimkan pesan ke WeChat & memberi informasi gambar/video yang bisa diunduh ketika ada pergerakan.

Hasil Rekaman
Untuk harga kurang dari 500 ribu rupiah, produk ini sangat direkomendasikan untuk bisa digunakan dalam monitoring keamanan rumah. Namun perlu diingat bahwa media penyimpanan menggunakan microsd card sehingga ketika ada kejahatan dan Xiaomi Yi Home Camera ikut dicuri, maka kita akan kehilangan jejak. Berikut Hasil dari Xiaomi Yi Home Camera 720p





Harga
Berapa harga yang dikeluarkan untuk meminang produk ini? Saya saat itu mendapatkan promo sehingga produk ini bisa didapat dengan harga kurang dari < Rp 300.000 /unit (3 unit saja). Saat itu harga normal di tokopedia/bukalapak maupun situs jual/beli online lainnya hanya dikisaran 330.000 hingga 400.000. Namun sekarang sepertinya harga bawah < 350 ribu sudah tidak ada lagi atau silahkan ditunggu saja saat ada promo. Ada yang lebih murah silahkan notice supaya saya jg bisa ikut nambah lagi :).


Ngoprek-Oprek
Ada satu hal yang menarik ketika menggunakan Xiaomi Yi Home Camera, yakni tersedianya beberapa firmware "opreks" yang membuat camera ini bisa difungsikan sebagai CCTV yang ideal untuk melakukan  monitoring ruangan. Menggunakan penggabungan beberapa software tambahan maka monitoring rumah anda semakin mantab.

Kedepan akan coba dituliskan mengenai cara ngoprek sederhana.


Terima Kasih & Silahkan Comment jika berguna


   

0 comments:

Post a Comment