Friday, September 16, 2016

Mi Note Flagship Lama Menarik Mata

Sudah beberapa hari ini saya menggunakan Flagship lama dari Xiaomi yakni Xiaomi Mi Note (Virgo/First generation note Flagship from Xiaomi),  karena Redmi Note 3 Pro(kenzo) dilepas kepada buat Bapak.

Dipinang dengan range harga yang mirip sama Redmi Note 3 Pro 3/32GB (Rp 2.5 jutaan) dan Mi Note 3/64GB (Rp  2.3 jutaan) bisa dibilang secara performance kecepatan dan juga battery maka Kenzo lebih unggul dibandingkan Virgo, tapi tentu tidak dalam segala hal kenzo menang karena ada beberapa hal yang menarik  yang membuat Virgo lebih menarik. Dan kalau boleh dibilang lebih baik ambil Mi Note LTE dibandingkan ambil Kenzo dalam kondisi harga dikisaran 2 juta rupiah.   Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan kalimat diatas yang menjadi keunggulan Mi Note LTE antara lain:

Design & Build Quality
Penilaian soal design mungkin sangat umum dan relative tergantung dari bagaimana seseorang memandang sebuah smartphone; namun menurut pandangan pribadi design Mi Note LTE  masih tergolong sangat baik dan simple. Curve dan metal frame mempercantik dan menampilkan kesan elegant. Didukung dengan build quality  yang artinya adalah implementasi dari design sebuah smartphone. Saya pernah menggunakan Samsung Galaxy S7 Edge dan memang tidak disangkal design Samsung Galaxy S7 Edge superior hingga tulisan ini ditulis namun implementasi dari design tersebut tidaklah mulus. Silahkan periksa artikel bagaimana S7Edge dikembalikan karena "Adanya GAP" dibawah metal frame.  Dengan harga yang terhitung murah saat ini Mi Note menawarkan build quality yang baik.

Camera & OIS
Resolusi kamera Mi Note LTE memang hanya 13 MP (kamera belakang) dan 4 MP (kamera depan)  dibandingkan Redmi Note 3  16MP (kamera belakang) dan 5 MP (kamera depan) memang kalah dari sisi angka namun besaran MegaPixel bukanlah yang utama. Terbukti hasil yang dihasilkan lebih manis Virgo dibandingkan Kenzo baik low-light maupun kondisi cukup cahaya. Mungkin karena sensors kamera yang ditanamkan di Mi Note adalah kamera sony sedangkan Redmi Note 3 Pro menggunakan samsung.
Selain itu  kamera depan Mi Note dilengkapi dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization) sehingga menghasilkan gambar yang lebih smooth baik untuk video maupun foto. Bisa dibilang ini adalah smartphone termurah saat ini yang dilengkapi dengan fitur OIS. Sampai saat ini belum ditemukan smartphone baru walaupun dengan release tahun < 2015 yang lain dengan harga dibawah 2.5 juta yang dilengkapi dengan fitur OIS. Smartphone lain yang paling dekat adalah LG G2, tapi harga baru masih > 3 jt-an.

Audio Quality
Mengenai sektor audio baik output audio ketika memainkan lagu  atau input audio ketika merekam sesuatu Mi Note (Virgo) memberikan kenyamanan tersendiri dibandingkan produk Xioami Redmi yang pernah saya gunakan. Dan memang secara spesifikasi Mi Note dilengkapi dengan  dedicated sound card untuk memberikan hasil kualitas suara dengan jauh lebih baik.
Dalam hal recording pernah disandingkan antara Redmi Note 3 Pro (Kenzo) dengan Mi Note (Virgo) ketika melakukan rekaman video. Kedua device Kenzo Virgo diletakkan pada sisi speaker kemudian dimainkan lagu yang bass besar (dangdut, hip-hop, rock) dan hasilnya Kenzo tidak bermasalah dengan treble namun sangat bermasalah ketika bass. Suara bass pada kenzo jadi pecah sedangkan untuk virgo, ada semacam filter untuk menurunkan level-bass sehingga dihasilkan suara yg masih enak didengarkan.

Kekurangan
Menurut prespektif pribadi, hanya ada 3 kelemahan yang menjadi kendala:

  1. Kapasitas Battery - Hanya 3000Mah dan Screen 5.7" - maks Screen-On-Time(SOT) 5.5 jam awalnya (kitkat) dan menjadi 4.5 jam pada saat menggunakan MIUI 8 (Marsmallow) 
  2. Finger Print - Tidak dilengkapi fingerprint, namun perlu disadari bahwa smartphone ini direlease awal 2015 sehingga pada saat itu belum booming fingerprint
  3. Accessories - Sangat susah mencari accessories terutama tempered glass, baru kali ini   membeli smartphone tapi belum dapat tempered glass yang tepat karena ada lengkungan diujung layar.
Untuk sektor performance memang beda jauh dibandingkan Redmi Note 3 Pro namun masih sangat baik untuk menjadi daily driver.


Kesimpulan
Saya lebih menikmati smartphone Mi Note dibandingkan menggunakan Redmi Note 3, Redmi Note 3 Pro, dan Redmi 3 Pro. Ponsel ini menjadi ponsel yang saya gunakan sehari-hari dan hingga saat ini hanya terkendala masalah ribet buka-tutup kunci layar dan kapasitas battery. Namun yang pasti tidak akan malu ketika diminta foto atau rekam video pada malam hari.
Dengan harga serupa atau beda < 500 ribu saya lebih merekomendasikan Mi Note sebagai ponsel anda dibandingkan ponsel xiaomi lain yang sudah diatas.








6 comments:

  1. kode cek hp nya apa gimana itu om..? :d

    ReplyDelete
  2. Wah berarti kalo untuk merekam konser hape ini sanggup dong gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua HP bisa rekam konser bro. Kalau konser dangdut HP ini dibandingkan Redmi Note 3 Pro atau Redmi 3 Pro masih mending Mi Note jadul ini. Bass masih okay.

      Delete
  3. Mi Note 3/64GB (Rp 2.3 jutaan) murah banget gan. Beli dimana

    ReplyDelete
  4. Gan, knp ya kamera belakang mi note kadang bergelombang kadang tidak ya gan? Tq

    ReplyDelete