Friday, September 23, 2016

Mi Note Virgo : UNSPECIFIED ERROR (0XFFFFFFFF)

Iseng coba-coba downgrade MIUI 8.0.2 ke versi MIUI 7.1.2; karena versi MIUI 7.1.2 tidak terlalu banyak fitur dan pastinya battery life lebih awet ketimbang MIUI 8.0.2.  Sayangnya untuk dokumentasi saya lupa untuk capture foto proses dan metode-nya. Tapi jika cara yang dilakukan ini tidak berhasil, silahkan beri komentar dibawan.

Percobaan Pertama adalah dengan cara sederhana yakni download ROM 7.1.2 (recovery mode) kemudian di rename atau diubah nama menjadi update.zip lalu masuk ke mode MIUI recovery (volume up + power) kemudian pilih install update.zip  dan percobaan yang  asal-asalan menghasilkan kegagalan seperti yang diduga (BootLove mode). Duh ini yang bikin pusing karena menggunakan MacOS untuk mencoba-coba metode yang lebih expert pastinya akan ribet dan akhirnya switch bootcamp to windows 10 64bit.

Percobaan Kedua: karena kegagalan ini akhirnya dicoba menggunakan metode yang sedikit lebih muter-muter dengan menggunakan MiFlash (mulai MiFlash 2014 hingga MiFlash 2016) dan bukannya berhasil hasilnya ada error dengan code:  Unspecified error(0x80004005: FAILED (remote: partition table doesn't exist) kemudian iseng-iseng lagi otak-atik file-file dalam script recovery virgo dan kemudian flash ulang dan hasilnya error yang berbeda yaitu UNSPECIFIED ERROR (0XFFFFFFFF). Hmm semakin bingung dan akhirnya dicoba untuk melakukan flash twrp.img kali saja dapat flash MIUI-EU version, paling tidak HP ini bisa menyala kembali karena tidak ada backup phone. Karena kedua metode ini tidak berhasil akhirnya balik lagi ke MacOS karena susah juga menggunakan windows 10 di hardware MacOS. 

Percobaan Tiga:  Flash twrp.img Mi Note, ini test revive nekat karena memang bingung mau diapain lagi tapi tetap sama karena di percobaan kedua ada komplain mengenai masalah partisi, maka kemungkinan  besar akan mendapatkan hal serupa. Untuk install TWRP recovery sangat mudah, karena device Mi Note TIDAK di LOCK bootloader-nya. Yang dilakukan adalah Download Twrp Recovery for Virgo (Mi Note) kemudian gunakan fastboot untuk flash twrp.img. Yang diperlukan adalah ponsel masuk dalam mode FastBoot dengan (Volume Down+ Power). Pada saat ini saya tidak bisa mengakses adb shell atau adb push file untuk uploading ROM MIUI-EU

MacBook:~ Krisna$ fastboot flash recovery twrp.img
MacBook:~ Krisna$ fastboot reboot
Kemudian untuk masuk mode TWRP bisa menggunakan dengan (Volume UP + Power), dan setelah masuk mode TWRP maka adb shell maupun adb push bisa digunakan kembali. Adapun partisi yang akan diunggah file ROM di folder /sdcard/. Sebagai informasi bahwa dalam adb shell ketika diketik df  (Unix-command display disk free) tidak ditemukan foder dengan nama /system ini kemungkinan yang menyebabkan gagalnya cara ini.

MacBook:~ Krisna$ adb push /Volumes/BOOTCAMP/MIUI/MIUI/xiaomi.eu_multi_MINote_6.9.8_v8-6.0.zip /sdcard/
Setelah selesai kemudian lakukan install zip file yang diupload. Ini tidak akan diceritakan detail karena metode ini gagal.

Percobaan Empat (Berhasil):  File ROM recovery adalah file yang didalamnya terdapat script dan image yang akan dituliskan ke ponsel. Ada beberapa file yang dengan extention .sh (unix/linux base commandline) atau dengan extention .bat (windows). Dan dapat dipastikan bahwa ini adalah fungsi flashing tool flash_all.sh // flash_all_except_data_storage.sh  // flash_all_except_storage.sh.

Sedangkan isi folder images/ di ROM yang sudah di extract ini adalah image yang akan diflash selain itu kemungkinan berisi partition table maupun pengaturan lain.

Kemudian pada shell script flash_all.sh berisi command line yang familiar namun ada beberapa perbedaan. Kalau biasanya menggunakan fastboot flash recovery // fastboot unlock // fastboot getvar maupun fastboot command yang lain tapi disini menggunakan fastboot dengan parameter shell
fastboot $* flash tz `dirname $0`/images/tz.mbn
Setelah beberapa kali mencoba, command line dibawah ini adalah command line yang dijalankan untuk mengembalikan fungsi ponsel sehingga kembali sebagai ponsel dan dengan ROM yang sudah terdowngrade MIUI 7.1.2.
MacBook:~ Krisna$ fastboot flash tz tz.mbn
MacBook:~ Krisna$ fastboot flash dbi sdi.mbn
MacBook:~ Krisna$ fastboot flash sbl1 sbl1.mbn
MacBook:~ Krisna$ fastboot flash rpm rpm.mbn
MacBook:~ Krisna$ fastboot flash aboot emmc_appsboot.mbn
MacBook:~ Krisna$ fastboot erase boot
MacBook:~ Krisna$ fastboot erase DDR
MacBook:~ Krisna$ fastboot flash misc misc.img
MacBook:~ Krisna$ fastboot flash modem NON-HLOS.bin
MacBook:~ Krisna$ fastboot flash system system.img
MacBook:~ Krisna$ fastboot flash cache cache.img
MacBook:~ Krisna$ fastboot flash userdata userdata.img
MacBook:~ Krisna$ fastboot flash recovery recovery.img
MacBook:~ Krisna$ fastboot flash boot boot.img
MacBook:~ Krisna$ fastboot reboot
Nah mungkin itu saja yang menjadi catatan.
Catatan ini dibuat untuk mengingat ketika iseng-iseng dan bermasalah dengan ponsel.  Silahkan dilihat Percobaan Ke Empat dengan catatan ponsel ada sudah bootloop.

Semoga bermanfaat bagi yang lain juga.


Terima Kasih

7 comments:

  1. Gan bikin video/reviews kamera dan speaker musik,audio hi-fi minote vs Meizu mx4pro kan punya barangx?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meizu MX4 Pro saya kembalikan bro. Angkat tangan karena terlalu panas; dan dengan firmware 5.10 (random reboot; tidak stabil). Untuk speaker menurut saya masih Mi-Note yang unggul begitupula dengan kamera. Jika Mi-Note harga 2.3 jt (64GB), sama dengan harga Meizu MX4 Pro (32GB) maka saya bisa bilang Mi Note unggul jauh, kalah dibagian fingerprint saja :).

      Delete

  2. Cloud computing offers your business many benefits. It allows you to set up what is essentially a virtual office to give you the flexibility of connecting to your business anywhere, anytime virtual data room pricing.

    ReplyDelete
  3. Itu yg ke empat pakai recivery apa pakai miflsh gan?
    Thaks sebelumnya

    ReplyDelete
  4. Kalo Redmi 3 sama gak caranya ya? Saya cari2 di Internet ga dapat, sudah bingung.

    ReplyDelete
  5. Maaf,.. yg Masih Gagal Unbrick Xiaomi Quallcom Meskipun Sudah Masuk EDL Mode dan Pakai Deep Flash Cable,Atau Bahkan Lost Imei (Bebas Downgrade Atau Upgrade),Bisa Lihat Disini

    http://caraunbrickxiaomihardedl.blogspot.co.id/2017/02/unbrick-xiaomi-hard-edl-expert-tutorial.html

    ReplyDelete
  6. Maaf,.. yg Masih Gagal Unbrick Xiaomi Quallcom Meskipun Sudah Masuk EDL Mode dan Pakai Deep Flash Cable Flash Pakai UFI Atau MRT,Atau Bahkan Lost Imei,Bisa Lihat Disini

    http://caraunbrickxiaomihardedl.blogspot.co.id/2017/02/unbrick-xiaomi-hard-edl-expert-tutorial.html

    ReplyDelete