Sunday, October 16, 2016

Kapasitas Baterai Ideal Smartphone

Baterai Ponsel

Salah satu hal yang sangat penting dalam pemilihan sebuah ponsel adalah kapasitas baterai karena hal ini akan berhubungan dengan seberapa sering melakukan pengisian ulang sebuah ponsel. Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang apa saja faktor yang mempengaruhi penggunaan baterai, dan dari pengalaman pribadi disimpulkan ada beberapa hal yang mempengarui lama/tidak-nya penggunaan baterai:

Hardware 

Faktor hardware sangat berpengaruh, apakah CPU atau GPU menghabiskan resource tinggi sehingga berpengaruh terhadap cepat atau tidaknya baterai terkuras. Saya pengalaman menggunakan Mediatek Helio X10 dengan kapasitas baterai 4000Mah (Redmi Note 3 Hennesy) dibandingkan dengan Snapdragon 650 dan kapasitas baterai sama (Redmi Note 3 Pro) maka Mediatek Helio X10 jauh lebih boros baterai dibandingkan Redmi Note 3 Pro. 
Faktor hardware yang lainnya yang sangat berpengaruh adalah besar-kecilnya dimensi screen maupun tipe pemilihan screen; apakah itu LCD-IPS(iIn-Plane Switching) atau AMOLED. Selain itu untuk faktor hardware ada banyak sensor yang ditanamkan dalam sebuah smartphone yang tentunya akan mempengaruhi besar kecilnya pemakaian daya.   (Silahkan tinggalkan komentar untuk menambahkan faktor lain pada hardware)

Software  

Faktor kedua yang juga sangat mempengaruhi lama tidaknya penggunaan baterai adalah bagian software. Faktor kedua bagian pertama adalah Basic software atau software dasar dari smartphone biasanya telah dioptimasi dengan baik oleh vendor/produsen smartphone disesuaikan dengan smartphone yang akan diproduksi. Sebagai contoh Smartphone Xiaomi dengan operating sistem (OS) Android dan dengan tampilan antar muka MIUI dengan fitur-fitur yang begitu banyak justru akan sangat mungkin menguras baterai dibandingkan Xiaomi dengan Stock Android (OS android dasar). Namun karena mungkin ada pertimbangan jika stock android maka user perlu menambahkan software tambahan yang berpotensi tidak dioptimasi maka terbentuklah MIUI.  

Faktor kedua bagian kedua untuk software adalah adanya software tambahan lain yang bebas di install/pasang pada smartphone melalui Google Play Store. Software ini biasanya tidak di-khusus-kan untuk digunakan pada satu vendor smartphone saja namun bisa digunakan untuk mayoritas ponsel yang ada dan tentunya tidak terlalu banyak optimasi khusus. Sebagai contoh ketika menggunakan LG G2 ditemukan masalah pada GPS receiver yang kurang baik dan ketika menggunakan WAZE untuk navigasi maka penggunaan baterai sangat cepat terkuras (bisa jadi karena masalah hardware maupun improvement software dasar yang kurang baik). 

Faktor software bagian ketiga adalah banyak tidak-nya software tambahan yang dipasang sehingga running proses terutama background proses yang besar. Sebagai analogi kita melakukan installasi facebook apps dan whatsup dan secara  tidak sadar aplikasi itu akan berjalan secara background sehingga kita bisa menerima notifikasi ketika ada yang "Add Friend" difacebook. Memang itu sesuatu yang diharapkan namun yang seperti ini juga akan menambah beban penggunaan baterai. Beberapa Custom android seperti MIUI dari Xiaomi menambahkan fitur "clean-up" yang akan mematikan paksa background proses ini dan juga "Auto Start" management sehingga ketika ponsel kita hidup maka tidak semua aplikasi yang menggunakan background proses di-ijinkan untuk berjalan. (Silahkan tinggalkan komentar untuk menambahkan faktor lain pada software)


Behavior Pengguna

Behavior atau prilaku pengguna sangat amat berpengaruh pada penggunaan baterai. Salah satu faktor sudah dibahas diatas bagaimana background proses di-ijin-kan atau tidak berjalan  jika memang ada pengaturannya, ketika semua aplikasi diijinkan menggunakan background proses dan tidak ada proses untuk clean-up maka baterai cepat terkuras. Jadi silahkan diteliti kembali apakah smartphone anda memiliki kapasitas untuk clean-up dan mengatur auto-start dan jika hal ini tidak ada mungkin bisa diabaikan. Faktor ketika bagian kedua penggunaan software gaming atau software yang membutuhkan sumber daya besar secara intensif. Penggunaan software secara intensif terlebih software gaming seperti Clash Of Clans kemungkinan besar akan menguras baterai karena ketika game dimainkan secara otomatis CPU/GPU akan bekerja dan pastinya layar akan hidup juga. Dan hal ini akan diperparah ketika smartphone menggunakan CPU/GPU yang kurang tinggi spesifikasinya atau CPU/GPU akan nggoyo atau berkerja 100% untuk bisa menjalankan game tersebut.
Cari kapasitas baterai yang besar dan spesifikasi tinggi  bagi yang suka gaming menjadi salah satu solusi.
Faktor ketiga adalah penggunaan software yang menggunakan resource hardware seperti sensor, GPS maupun kamera. Hal ini hampir mirip dengan yang dibahas faktor software tapi karena software sudah jelas-jelas nyata menggunakan resource hardware seperti GPS maka pastinya akan menggunakan baterai lebih besar. Contoh WAZE yang menggunakan hardware GPS untuk tracking, sebagus apapun ponsel dan sebesar apapun baterai maka penggunaan GPS akan menguras baterai. 


Nah diatas sudah diberikan 3 faktor yang mempengaruhi baterai, tinggal pertanyaannya adalah berapa sih kapasitas batterai yang ideal? Dan sebagai tambahan informasi bahwa faktor panas suhu smartphone juga akan mempengarui kecepatan daya baterai terkuras. 

Kapasitas Baterai Ideal 

Kapasitas baterai ideal sebenarnya tergantung dari user masing-masing akan digunakan seperti apakah smartphone yang digunakan, Apakah hanya untuk menerima telp/sms atau digunakan untuk utilitas bekerja atau juga bermain game.

Kapasitas Baterai 4000Mah 

Nah disini saya pernah menggunakan dua buah ponsel dengan kapasitas baterai yang sama, yakni Redmi Note 3 dan Redmi Note 3 Pro namun sangat beda jauh keduanya ketika digunakan gaming. Redmi Note 3 (Mediatek X10)  hanya mampu digunakan SOT(Screen On Time) sampai 4 jam 30 menit. Sedangkan Redmi Note 3 Pro (Snapdragon 640) dengan game yang sama dapat digunakan hingga 6 jam. Sedangkan untuk pemakaian sederhana pemakaian kedua ponsel ini tidak terlalu beda jauh atau bisa digunakan dalam waktu satu hari (24 jam) tanpa charging dan tetap point plus untuk Redmi Note 3 Pro karena bisa lebih dari 24jam.

Kapasitas Baterai 3000Mah 

Karena bosan dengan Redmi Note 3 (Mediatek) & Redmi Note 3 Pro (Snapdragon) maka saat ini saya menggunakan Xiaomi flagship 2015 Mi Note Virgo (Snapdragon 801) dengan kapasitas baterai hanya 3000Mah dan besar layar LCD 5.7 Inch, namun menariknya dengan menggunakan game yang sama bisa digunakan hingga >4 jam  bahkan 4jam 30 menit. Dan ketika digunakan biasa tanpa game maupun GPS bisa digunakan dari pagi hari (jam 6:00) hingga terakhir 22:00 dengan kondisi akhir 15% baterai.    Dengan screen yang lebih besar dan batterai lebih kecil pemakaian Screen On Time (SOT) mendekati Redmi Note 3 Mediatek bisa dikatakan Mi Note sebuah ponsel yang mendekati ideal. Namun apa yang dimaksudkan ideal? 

Batterai Ideal Smartphone 

Smartphone yang bisa digunakan seharian > (lebih besar) 12 jam atau dengan Screen On Time (Gaming) > 4 jam 30 menit dan dengan besar screen ideal > 5  Inch. (Ini Smartphone Ideal Definisi Pribadi)
Dari beberapa pertimbangan, secara pribadi berikut definisi smartphone ideal:
  • Untuk kapasitas baterai > 3000 mah dan screen 5" - 5.4" ponsel ini akan ideal dengan prosesor yang tidak boros seperti Mediatek Helio X10.
  • Untuk kapasitas baterai >  3500 mah dan screen 5.5" -5.9" ponsel ini akan ideal dengan kondisi sama, prosesor tidak boros.
  • Untuk kapasitas baterai > 4000 mah (Harusnya ini akan ideal dengan semua kondisi)
Faktor fast charging juga menjadi bahan pertimbangan sebagai contoh dengan kapasitas  baterai 4000mah untuk melakukan pengisian daya membutuhkan waktu lebih dari 2 jam tentu akan menyiksa.

Demikian sedikit informasi tentang smartphone, jika ada usulan  atau informasi tambahan atau kritikan silahkan untuk tulis pada bagian komentar.




Terima Kasih





0 comments:

Post a Comment