Tuesday, October 4, 2016

Lompat Blokir Nawala Demi Bokep?

"Saya mendukung usaha KOMINFO & ISP dalam melakukan blokir/filtering konten tetapi harusnya filtering semakin pintar bukan blokir yang membabi buta dari dulu sampai sekarang"

Tulisan diatas adalah pernyataan pribadi karena yang akan ditulis disini adalah cara untuk lompat blokir nawala "internet positif" untuk mencari sesuatu yang dibutuhkan dan ternyata diblokir ketika tanpa menggunakan aplikasi ini.

Opera Free VPN - Unlimited VPN 
Sudah lumayan lama install aplikasi ini namun baru beberapa minggu ini merasakan nyamannya Opera Free VPN. Apa itu Opera Free VPN? Adalah sebuah layanan VPN yang disediakan cuma-cuma atau gratis oleh Opera Software untuk aplikasi Android.

Ada begitu banyak aplikasi VPN atau TOR(the union router) yang ditawarkan di Play Store bagi ponsel android namun banyak yang lebih meragukan ketimbang membuat tenang. Karena kita tidak tahu bagaimana reputasi dari pembuat software tersebut dan network VPN dimana aplikasi tersebut melakukan tunnel  koneksi kita. Ada kekawatiran jangan-jangan koneksi  di "endus" dan informasi yang kita gunakan akan tersebar dan bisa di bobol orang.  Nah bagaimana dengan Opera? Siapa tidak kenal Opera? Kalau menurut pendapat "pribadi" opera software adalah sebuah perusahaan yang sudah lama bermain dalam software browser dan harusnya trusted, walaupun tetap tidak boleh mudah percaya walaupun itu perusahaan besar tapi jika dibandingkan dengan software yang ditawarkan yang lain maka opera menjadi daya tarik utama.


Simple Install
Mengapa menggunakan VPN ini? Karena untuk melakukan installasi tidak perlu ribet, cukup dengan install melalui Google Play Store kemudian cari software "Opera Free VPN - Unlimited VPN" dan install.

Warna Merah VPN Disconnected
Yang menarik juga disini adalah ada beberapa lokasi server yang bisa dipilih, tergantung mana yang kira-kira terdekat dengan koneksi ponsel kita.

Warna Hijau Opera VPN Connected

Server singapore dipilih manual karena terdekat namun ketika tidak dipilih lokasi, dengan koneksi yang digunakan Telkom IndiHome biasanya akan diarahkan ke Amsterdam (leaseweb) dan memang lebih lebih cepat ketika diuji.


Awesome Speed   
Salah satu hal yang menjadi pemilihan utama dalam menggunakan layanan VPN adalah Speed atau kecepatan. TOR (the union router) memiliki begitu banyak peer network yang bisa digunakan, tapi sayang begitu banyak juga koneksi peer yang tidak baik dan justru teramat sangat lama ketika digunakan.

Hal ini berbeda jauh dengan Opera VPN. Dibawah ini dibandingkan kedua kecepatan koneksi tanpa VPN (Telkom IndiHome) dan Opera VPN (Singapore Server).


Dengan Opera VPN
Tanpa Opera VPN

Kecepatan tidaklah jauh berbeda antara tanpa vpn dan pada saat menggunakan vpn, karena perlu diingat bahwa server testing menggunakan server yang sama dalam hal ini "PT Mora Telematika Indonesia" di Surabaya.

Trusted VPN
Hanya pendapat pribadi, bahwa Opera Software perusahaan dibalik Opera Free VPN adalah perusahaan yang bisa dipercaya. Silahkan cek link Wikipedia Opera Software. Sangat perlu dipertimbangkan adalah masalah privasi & keamanan karena VPN ini akan melakukan tunneling seluruh traffic smartphone ke network VPN provider. Email anda di-endus adalah masalah yang sangat serius. Silahkan gunakan browser apapun untuk melakukan akses check IP Address.

Akhir Kata
Jika dikembalikan ke judul tulisan "Lompat Blokir Nawala Demi Bokep?" (Perlu diketahui nawala adalah sebuah yayasan yang mengatur blokir list DNS Indonesia) maka ini pernyataan penutup artikel ini.

"Secara pribadi saya sangat tidak setuju jika apa yang dibagikan ini digunakan untuk melakukan akses situs yang tidak berguna seperti porn/bokep, gambling maupun aktifitas lain yang bertentangan dengan norma agama dan nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia" 

Semoga berguna dan digunakan untuk keperluan yang baik & benar.


Terima Kasih









0 comments:

Post a Comment