Saturday, September 12, 2009

OpenBSD HUAWEI E169 TelkomFlash

Setelah bener-bener switch ke Unix-FAM, bener-bener pusing bercampur asik juga. Tidak ada lagi yang namanya double-click-to-install, mayoritas melalui banyak software/hardware diconfigure melalui console. Yah.. dari sisi waktu mungkin kalah cepat dengan microsoft tapi jangan bangga dulu deh, PASTIKAN DULU BUKAN BAJAKAN!

Nah kasus yang ini sekarang ada Modem Huawei E169 Default dari langganan bulanan Telkomsel, tutup mata saja kalau dulu waktu masih pake produk microsoft(Bukan Bajakan Lho soalnya, Microsoft Campus Agreement) butuh waktu 2 menit untuk install dan jalankan tuh modem Telkomsel. Dengan OpenBSD/OpenSolaris mungkin membutuhkan 10x-nya apalagi yang namanya OBSD/OS noob banget nih.

Saya sendiri give up untuk OpenSolaris untuk connect ke Telkomsel karena tidak stabil, konek 1 menit disconnect di menit ke-2.. malas untuk cari tahu kenapa problem unstability terjadi di OS, belum lagi masih bingung gimana mengatasi overheating saat memakai OS.

Bagimana dengan OpenBSD? Sebenarnya untuk koneksi ke TelkomSel dengan modem Huawei E169 mirip sama dengan OS, jadi kalau sudah bisa up di Unix tetangga di OBSD lebih simple dan saya sendiri membuktikan lebih stabil (Asumsi TelkomFlash juga gak tulalit). Sempat dicoba laptop up 48 hours dengan koneksi tetap lancar.

confignya sebagai berikut ini:

  • tsel - /etc/ppp/peers/tsel

  • tsel.chat - /etc/ppp/peers/tsel.chat

Nah tinggal gunakan script tersebut untuk dialup, tapi jangan lupa untuk tambahkan interface ppp0.
# ifconfig ppp0 create
# pppd call tsel

config file tsel & tsel.chat ini sangat mirip dengan banyak orang, yah wajarlah karena memang saya juga kopi-paste.

Related Links:


GSM / GPRS / UMTS with OpenBSD


0 comments:

Post a Comment