Sunday, July 31, 2016

Redmi Note 3 Sensors LCM

Redmi Note 3 LCD Module(LCM) & Sensor  // Sedikit informasi mengenai LCM panel dan sensor pada Redmi Note 3 supaya calon pembeli lebih teliti sebelum membeli.

LCD Module:
Saat ini saya menggunakan 2 buah Redmi Note 3 (Kenzo); Gold varian (3/32GB) dan Grey/Black varian(3/32GB). Dari keduanya perbedaan hanya terdapat pada LCM module, namun dalam Mi forum maupun facebook group Redmi Note 3 Pro Indonesia ada banyak posting yang menunjukkan perbedaan-perbedaan. Bagaimana cara mengetahui informasi detail perangkat? Maka yang diperlukan adalah masuk ke program "QC test"(tanpa install aplikasi tambahan) atau dengan melakukan instalasi aplikasi (AIDA64, CPU-Z atau CPU X) via play store, QC test ada 2 jalan masuk yaitu:

  1. Dial nomor QC test (*#*#64663#*#*)  atau *#*#6484#*#* atau gampang mengingat *#*#MIUI#*#*
  2. Melalui Setting/ Pengaturan
    • Setelan/Setting -> Tentang Ponsel/About Phone  -> Kernel version (ketuk 3-4 kali secara cepat) 
    • Menu "QC Test"  - Pilih nomor 1. Software Version 
    • Tarik/Scroll kebawah (Informasi atas berisi IMEI/MEID dll)


Untul LCM (LCD Module) - Redmi Note 3 (Kenzo) menggunakan 3 varian panel yang berbeda-beda, namun gambar diatas memang hanya ada dua karena hanya itu yang digunakan yakni :
  1. SHARP  - (mungkin versi awal) produksi SHARP dan kemungkinan harga lebih mahal. Entah testimoni dari beberapa user yang menggunakan ini antara WARM (BOE) & COOL (TIANMA) 
  2. BOE  - Produksi (BOE Technology Group) domestik China; Karakteristiknya lebih "Kuning" tapi kalau dibilang kuning biasanya fansboy marah dikenal lebih WARM.
  3. TIANMA -  Produksi (Tianma Microelectronics) // varian ini terbanyak yang ada pada Redmi Note 3 berkarakteristik lebih putih lebih COOL dibandindingkan dengan BOE
Sebagai perbandingan punya pada pengaturan kecerahan COOL mode pada BOE = STANDARD mode pada TIANMA, namun hal ini bukan ukuran standard. Kadang kala ditemui BOE yang cenderung COOL(putih) dibandingkan TIANMA yang cenderung kuning, jadi intinya untuk ponsel Redmi sepertinya Xiaomi tidak memiliki standard. Sebagai konsumen saya pribadi tidak terlalu perduli dengan merk yang di-cantel-kan/di-pasang-kan pada smartphone yang penting ketika disandingkan tidak terlalu kentara perbedaan warna. 

Tapi tetap sama ketika kita bertanya, acap kali hanya mendapatkan cibiran fansboy buta. "Punya saya tidak masalah", "Tidak menggangu khan", "Vendor yang lain juga sama", "Install Custom Rom kasih filter beres",  semua disamakan dengan fansboy. Janganlah jadi fansboy buta "Walaupun barang busuk" tetap saja dibela. Mohon maaf buat fans-boy apa untungnya anda membela sesuatu yang kurang baik, lebih baik anda memberi informasi yang bermanfaat dan yang benar sesuai kondisi apa adanya.

Informasi mengenai LCM module sangat susah untuk didapatkan saat pembelian pertama  karena diluar-box xiaomi tidak terdapat informasi mengenai LCM. Harus dibuka terlebih dahulu dan dihidupkan lalu gunakan cara diatas. Ini juga parahnya Xiaomi duh,  Alasan stock? atau Xiaomi bermain margin untung disini kita tidak tahu. (Fansboy mohon diam) 

-
Sensor Fingerprint
Ada dua jenis sensor fingerprint yang digunakan, atau mungkin lebih yakni 
  1. Versi Awal - Focaltech
  2. Atmel  
Dari kedua sensor fingerprint tersebut kemungkinan tidak ada perbedaan, ATMEL yang saat ini digunakan tidak pernah ada masalah. Jadi untuk masalah ini harusnya tidak terlalu perlu dipikirkan.

Camera
Ada dua tipe camera yang digunakan dan ada beberapa testimoni yang menyatakan bahwa kamera dengan model awal, lebih baik daripada model akhir. Berikut ini kamera yang digunakan oleh Redmi Note 3 pro:
  1. Versi Awal 
    1. Kamera Belakang :s5k3p3_omida01
    2. Kamera Depan : ov5670_omi5f06
  2. Versi Akhir 
    1. Kamera Belakang :s5k3p3_f16s01c
    2. Kamera Depan : ov5670_d5v01g
Dari kedua versi kamera jika mendapatkan versi s5k3p3_omida01, bersyukurlah. Untuk yang dapat versi terbaru s5k3p3_f16s01c, ini yang menjadi penyebab jeleknya kamera saat malam hari. Dan memang #XiaomiBrengsek. Dan tetap sama FANSBOY mohon diam. (Redmi Note 3 Camera // MIUI Forum)

Sensors Lain
Untuk sensor lain silahkan gunakan "QC Test" untuk melakukan testing. Tidak banyak perbedaan lain yang dialami, mungkin light-sensors yg sedikit dirasakan berbeda antara LCM TIANMA & BOE.
TIANMA lebih responsive namun hasil flux sensor sering kali aneh. 
BOE kurang responsive namun lebih stabil dibandingkan TIANMA.


Maaf menulis FanBoys dengan Fansboy (bocah kipas) karena banyak fanboys yang buta bikin geleng-geleng kepala  





33 comments:

  1. mantap informasinya. kebetulan redmi note 3 pro ane focaltech, tianma (putih) dan Kamera Belakang :s5k3p3_omida01
    Kamera Depan : ov5670_omi5f06

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantab bro.. Focaltech sepertinya sudah disupport DT2W (Double tap to wake) di kernel Cyanogen 13. Apalagi kalau fingerprint menggunakan FP1020; CM13 fingerprint ready. (Punya saya pakai FP102X). Belum coba lagi yg terbaru; S5k3p3_omida01 (sama samsung camera dan "katanya" tidak beda). Punya saya s5k3p3_f16s01c berasa kuning sebelum upgade ke GLobal Dev version, sekarang sudah gunakan global dev lebih baik dibandingkan global-stable latest.

      Delete
  2. Good gan...mkasih info nya..tpi gk semua vendor di belakang juga menggunakan cara yg sama seperti xiaoi ap lagi samsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bro; dan memang alasan umum bisa jadi masalah stock. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa itu untuk menjaga margin profit. Wajar namun tanpa informasi jelas = kurang ajar.

      Delete
  3. wah nice info bro, baru tau perbedaaan nya selama ini di forum sebelah suka bahas omida omida kirain apaan...
    udah bersyukur deh dapet omida untuk kameranya, tapi sayangnya lcd nya boe pantesan kameranya pas dibandingin ama reno 3 temen jadi lebih kuning hiks

    ReplyDelete
  4. wah nice info bro, baru tau perbedaaan nya selama ini di forum sebelah suka bahas omida omida kirain apaan...
    udah bersyukur deh dapet omida untuk kameranya, tapi sayangnya lcd nya boe pantesan kameranya pas dibandingin ama reno 3 temen jadi lebih kuning hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Karena tipikal screen yang berbeda saja sih bro. Itu yg menjengkelkan tapi biasanya mereka berdalih stock.

      Delete
  5. Koreksi- untuk focaltech sama atmel itu adalah nama touchpanel yang focaltech support dt2w di rom cm dengan kernel tertentu sedangkan atmel belum support dt2w dsitu perbedaanya. Kemudian untuk fingerprint itu ada goodix dan fpc 1020 fpc tsb juga ada 2 versi saya lupa, yang jelas perbedaanya antara goodix dan fpc
    Fpc: support selfie dg fpc
    Support rom cm
    Sedangkan goodix fingerprint hanya bekerja di miui tidak support selfie dengan fingerprint
    Terimakasih- kunjungi blog ku juga sob
    http://fladaa.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bro DT2W untuk official CM 13 hanya FP 1020, sedangkan versi yang lain sepertin yang saya punya FP1022 belum support.

      Btw saya switch menggunakan Mi Note harga yang lebih murah namun sepertinya lebih menarik. Untuk sementara saya menghindari XIaomi REDMI walaupun Redmi Pro menarik untuk dilirik, mungkin menunggu Mi Note 2 release.

      Delete
  6. Memangnya gimana perbedaannya gan antara sensor samsung yg omida01 dengan f16s01c kalau malam hari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus terang bro dalam hal fotografi saya memang sedikit rada buta. Benernya sama-sama samsung tapi entah bedanya dimana, namun banyak orang bilang Omida lebih baik saat ambil foto kurang cahaya. Dan memang Redmi Note 3 Pro night mode dibandingkan dengan Samsung Galaxy Grand 2 Duos yang lebih tua performance untuk foto cahaya kurang lebih banyak noise di RN3 Pro bahkan kalau dicompare antara RN3 Pro (Kenzo) & RN3 Mediatek(Hennesy) saya lebih suka hasil night mode RN3 Mediatek.

      Delete
  7. btw gan, untuk info camera belakang .. camera saya sama persis dengan versi awal yg agan sebutkan..
    tetapiii untuk kamera depan tidak ada yg cocok dengan versi yg agan sebutkan di atas .. di versi lama maupun baru.. beda sendiri versi camera depan saya ..
    back: s5k3p3_omida01
    front: s5k5e8_z5e8yab

    untuk yg lain hampir sama kyk SS agan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.
      Itu yang saya kawatirkan bro. Apa adanya kamera dipasang; stock lama yang penting pixel sama tempel, dari pada beli module camera yang baru :).

      Delete
    2. Saya kan beli lagi reno3 pro warna silver, setelah dicek juga dpt yg front cameranya versi s5k5e8_z5e8yab. Saya compare dengan reno3 pro lama saya yg warna grey yg memiliki front sensor versi ov5670_omi5f06. Hasilnya mengejutkan. Versi front camera s5k5e8_z5e8yab lebih tajam dan bagus warnya (bersih) jika dibandingkan dengan versi ov5670_omi5f06 yang hasilnya cendrung kebiruan dan lebih kurang tajam. Hasil yang cukup mengejutkan dan sekaligus mengecewakan, karena hasil perbedaan versi tenyata membawa dampak perubahan kualitas yg cukup signifikan pada kamera depanya.

      Untuk kamera belakang, walaupun saya dpt versi yg juga berbeda tipe antara reno3 grey (s5k3p3_omida01) dengan reno3 silver (s5k3p3_f16s01c), tapi setelah saya compare, hasil bisa dibilang tidak ada perbedaan.

      Kesimpulanya, bersyukurlah jika anda mendapat front camera sensor yg versi s5k5e8_z5e8yab, karena tipe ini mempunyai kualitas hasil gambar yg lebih tajam dan warna yg lebih bersih dan natural dibanding versi ov5670_omi5f06...

      Semoga bermanfaat.

      Delete
    3. Sip deh kalau tipe camera yang itu lebih baik. Tapi yang memang menjengkelkan adalah Product Xiaomi tidak standard, sehingga tidak bisa dijadikan patokan. Saat ini saya sih lebih baik undur diri untuk ambil product-product xiaomi Redmi*; tidak konsisten dan gambling antara dapet product baik atau yang kurang baik.

      Delete
    4. #Rionald Timotius,
      wah terima kasih agan rionald untuk pencerahan nya buat kamera front versi s5k5e8_z5e8yab ..

      #Bayu krisnawan,
      sekali lagi terima kasih buat semua info nya ..

      Delete
  8. Wah makasih gan, akhirnya bisa ngecek jenis lcd sensor dll.

    Layar ogut jenisnya boe, tapi warnanya gak kuning yang kayak di gambar (belom dibandingin sama rn3 lain sih). Kamera depannya dapet yang versi awal tapi belakangnya dapet yang versi akhir 😆😆😆. Gimana ceritanya tuh gan bisa kecampur gitu? Ekwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe dalam satu vendor layan-pun bisa beda-beda karakteristik; BOE yg saya dapet cenderung lebih kuning; punya bro lebih putih. Harga murah QC dinomor-2kan; syukur dapet yang baik dan jika anda kurang beruntung ya dapat yang kurang sip.

      Gimana bisa beda?
      Kalau biasanya mereka akan menyalahkan stock product sehingga menggunakan supplier beda. Kalau saya sih kurang terlalu percaya dan lebih percaya untuk control marin keuntungan gunakan product yg lebih murah atau product sisa module-module sebelumnya :)

      Hanya XIaomi & Tuhan yang tahu hahahahaha

      Delete
  9. Btw ane check fingerprint di aida . Manufactured by fpc/goodix
    Model fpc 102X/FPC
    BINGUNG DISINI SAYA.. Berarti pembuatnya itu FPC/Goodix dengan tipe fpc 102X?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bro. FPC102X produksi goodix;memang seri redmi tidak konsisten karena yg penting murah. Itu sebabnya saya beralih ke Mi Note; overall lumayan puas lah.

      Delete
  10. Ane Fans Xiaomi gan, tp ane setuju sama ente.
    Xiaomi resek emang, beda2 terus.
    Dulu beli Redmi Note 2 sebanyak 3 unit layarnya BEDA semua.
    Nah sekarang mau beli Redmi note 4 tapi kog masih ragu, khawatir aja dapat barang yang gak sesuai di hati. haha

    BTW Thanks sudah mencerahkan saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ambil Mi Note (Virgo) dengan harga sama dengan Redmi Note 3 Pro. Syukurlah hingga sekarang 2-bulan dan menyenangkan.

      Jadi saran saya lebih baik ambil Flagship Xiaomi dibandingkan Redmi yang acap kali tidak jelas.

      Mi Note Virgo - Flagship Xiaomi pada awal tahun 2015 memang masih ada kekurangan fingerprint, masih menunggu Mi Note 2 semoga tidak terlalu mahal kalau tidak yah tunggu tahun depan mungkin jadi lebih murah.

      Salam

      Delete
  11. Sebenarnya g ada yg bisa jadi patokan dalam sparepart selama kita membandingkan sesama garansi distributor bm, kenapa? Karena g ada jaminan kl barang tsb belum di ganti oleh distributor nya... Lagipula kl aq memperhatikan tren harga xiaomi, semakin drop harganya, komplain dari penggunanya semakin banyak, alhasil menimbulkan kecurigaan pada diriku sendiri bahwa jangan jangan murahnya produk bm tersebut karena permainan sparepart di dalamnya...

    Hanya opini pribadi, mungkin bisa jg dibilang saya fanboy(redmi note(sold), redmi 2(sold),mi4i,redmi note 3 sd, dan redmi 3x). 3 seri pertama garansi resmi dan 2 terakhir distributor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe tidak hanya Indonesia yang mengalami kok. Dan saya-pun ambil dalam waktu yang tidak terlalu lama dari produk release. Yang pasti Redmi* itu produk kelas-2; saya menggunakan mi-note (virgo) yang direlease lebih dari 1 tahun dan mantab.

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  13. punya ane layar BOE warnanya ngga kuning, reno3 temen ane yg pake tianma malah kontrasnya kerasa kurang.
    kamera depan pake S5K5E8. pas ane baca-baca ternyata itu sensor dari samsung. kamera depannya bagus buat kondisi minim cahaya.
    kayaknya sih bukan untuk maksimalin margin, tp di revisi buat memperbaiki bug2 atau komplen dari fanboy.
    sori dopost

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya tidak standard bro. Bukan karena BOE itu jadi selalu kuning (kebanyakan sih iya), tapi standard QC jadi prioritas terakhir untuk REDMI (yah produk kelas 2 xiaomi) bro jadi luck or not semoga banyak orang indonesia yang luck sesuai keinginan :)

      Delete
  14. Kalo yang garansi resmi, layarnya sharp ngak gan ? Trus kamera depan dan lainnya gimana gan ?

    ReplyDelete
  15. ane orang awam gan kurang tau gituan .. tapi tadi oprek2 dikit ... kalo punya ane tianma , focaltech , kalo kamera versi ke 2

    ReplyDelete
  16. makasih om (telolet om )��
    kejawab sudah kebingungan dan kepusingan ane,,,
    ane juga ngalamin itu gan, produk xiaomi makin kesini makin ancur aja persaan,, dari redmi 2,mi4i ,mi4c balik 4i dan alhasil si kenzo ini kualitasnya makin mnurun, diluar performanya sih,, ��
    dari semua xiaomi yg saya pegang paling sedikit keluhan mlah yg redmi 2 ,dlu dpet hrga 2 jt lbih (distri ,tapi ajib) tapi emang kualitasnya masih bneran top markotob, ,
    sekarang harganya murah tp kualitasnya menurun,kecewa badai ��

    ReplyDelete
  17. Warm lebih soft kemata om.. mnrt ane bukan pnurunan kualitas tpi malah perbaikan.. pernah coba dengan dua model layar tianma sama boe.. untuk pemakaian low light maupun high light.. warm lebh nyaman.. pernah komparasi juga layarnya dengan iphone 5s malah iphone lebih kuning lagi... Untuk kamera mnrut ane kedua versi tersebut memang jelek jika dibanding kompetitornya.. skrng ane pake kamera v1 jelek juga...
    Thx

    ReplyDelete
  18. koreksi ya, ATMEL & Focaltech itu Touchpanel bukan Fingerprint. Fingerprint Kenzo itu Goodix & FPC.
    dan ini adalah list sensor kenzo yg berbeda yg ane dapet setelah krg lebih 14 bulan memakai kenzo :

    list hardware yang beda di kenzo
    1. Kamera
    Belakang : semuanya S5K3P3 dengan sub tipe z5e8yab, yx13, omida01, f3p3man
    Depan : ov16880_f16v01a, ov16880_omida05, ov5670_omi5f06, ov5670_d5v01g

    2. EMMC
    Samsung, Toshiba, Hynix

    3. Touchpanel
    Focaltech, ATMEL

    4. LCD
    Tianma, Sharp, Boe

    5. Fingerprint
    FPC, Goodix

    6. Battery
    Sunwoda, Coslight, Scud

    7. Sensor Proximity & Light
    Sensortek, Liteon

    ReplyDelete