Tuesday, August 2, 2016

Redmi Note 3 Pro Masalah Pada Gyroscope

Redmi Note 3 Pro (Kenzo/Snapdragon) Black/Grey Gyroscope Problem. Saat ini saya menemukan masalah pada Redmi Note 3 Kenzo yakni sensors gyroscope yang bekerja tidak benar saat digunakan pada malam hari, dan autobrightness aktif. Silahkan simak Youtube video dibawah, dan bagaimana cara sederhana menyelesaikan masalah(bersifat temporal).

Tidak hanya satu-dua-tiga orang yang mengalami masalah pada sensor gyroscope tapi banyak yang mengalaminya. Saya coba mencari tahu problem apa gerangan yang menyebabkan masalah ini timbul dan sampai pada suatu kesimpulan yang sepertinya masuk akal.



Problem ini dialami oleh device Redmi Note 3 Pro (Kenzo) warna Black/Grey yang barusan dibeli dan memang pada saat digunakan ada beberapa perbedaan dibandingkan dengan Redmi Note 3 Pro GOLD yaitu:

  1. Redmi Note 3 Pro GOLD -  Langsung bisa mendapatkan auto-update sehingga tidak perlu melakukan flashing official firmware. Versi Black/Grey menggunakan ROM abal-abal sehingga perlu dilakukan flashing untuk mendapatkan upgrade official
  2. Redmi Note 3 Pro GOLD -  Flash dengan MIUI 7.1.8 tidak ada masalah semua berjalan normal, namun pada RN3 Black/Grey ada masalah dengan Battery Indicator yang selalu berada pada posisi -2%. Problem ini solved dengan flash ulang MIUI 7.2.3
  3. Redmi Note 3 Pro - GOLD Light Sensor maximum > 10.000lux dan Black/Grey <=10.000lux (bisa jadi karena apakah sensor ini nempel dengan LCM atau memang berdiri sendiri).
Dari ketiga hal diatas maka diambil kesimpulan bahwa Redmi Note 3 Pro Black/Grey kemungkinan mengalami kerusakan pada driver firmware sensors-sensors tersebut, dan flashing walaupun dengan option clean-all  tidak menyelesaikan masalah atau memang sensor yang rusak namun hal ini bisa diabaikan mengingat dalam kondisi autobrightness dimatikan sensors gyroscope berjalan normal.

Searching/Mencari informasi pada forum MIUI // didapatkan cara solving problem, namun karena device masih lock dengan account istri; harus terlebih dahulu request unlock.  Berikut link penyelesaian pada masalah sensors pada Redmi Note 3 Pro) yang intinya "tidak semua file img pada fastboot yang biasanya kita gunakan untuk flash, diwrite ke ponsel pada saat flashing". Silahkan lihat gambar disamping yang merupakan file fastboot kenzo. 
Ada 12 file img pada folder images/ dan hanya 8 saja yang di write ke ponsel pada saat flashing dan salah satunya adalah file persist.img yang berfungsi salah satunya untuk kontrol pada sensors-sensors. Apa saja yang harus dilakukan?  :
  1. Extract files fastboot kenzo cari file dengan nama persist.img
  2. Lebih baik flash ulang clean-all tanpa relock
  3. Masuk kenzo pada mode fastboot
  4. Flash file img dengan cara 
    1. fastboot devices
    2. fastboot erase persist 
    3. fastboot flash persist persist.img 
    4. fastboot reboot
Saya belum bisa mencoba karena belum sempat & device belum unlock dan karena device masih digunakan istri, yah biarlah saja dulu. 
Kedepan ketika notifikasi unlock sudah diberikan maka cara ini akan dicoba sehingga tidak perlu lagi mematikan auto brightness pada saat melihat video 360 atau bermain game.

Yang mau mencoba silahkan saja. Resiko ditanggung sendiri.

Thanks

7 comments:

  1. Permisi gan, mau nanya, saya ada Kenzo yang Gold dan Grey 3/32.
    Keliatan banget yang Grey layar kekuningan, lebih kuning dari yang Gold. Sama ga gan?

    ReplyDelete
  2. Betul bro.. Warna grey punya juga lebih kuning. Punya saya GREY=BOE dan yang GOLD=TIANMA. Kemungkinan punya bro menggunakan LCM module BOE.

    ReplyDelete
  3. Saya liat liat di blog agan dan sudah cek, kedua software version LCD kenzo saya BOE gan. Yang beda lagi di kamera depan. Yang Gold omida yang Black s5k5e8_yx13:0.
    Kurang suka dengan warna kekuningannya gan, kira" bisa dioprek biar warnanya agak putih ga ya gan? Sori newbie hehe (Display sudah diatur ke cool tetep aja kuning.)
    Btw, tulisannya sangat membantu gan, terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah agan sudah pernah otak-atik "Pengaturan" -> "Tampilan" -> "Warna & Kontras" (Bahasa Indonesia) Atau Pastinya pakai bahasa inggris "Setting" -> "Display" -> "Colors & Contrast". Lalu kemudian pilih "Dingin" // "Cool".

      Jika memang sudah mode "Dingin/Cool"; itu setting/pengaturan sudah mentok. Jika kedua jenis layar masih berbeda dengan setting yang sama, kemungkinan QC(quality control) LCD module yang kurang baik sehingga warna satu terang yang lainnya lebih kuning.

      Delete
  4. Gan, please infonya. Baru beli redmi note 3 pro yg katanya rom MIUI Global 7.3.2.0 Nah ada 3 problem :
    1. Batre sempet ga mau di charge pada saat keadaan batre 0% atau mati total. Udah coba 24 jam ga naik2. Akhirnya coba pake cas redmi lain bisa, dan balik pake cas redmi punya ane eh balik normal jg.Itu masalah dmn nya ya?
    2.GA BISA RECORD VIDEO!! (nangis bombay) Press record button ga terjadi apa2. Coba pake aplikasi jg failed to record. Udah coba factory reset ga berhasil jg. Pusying..
    3. Hp kadang ngeluarin bunyi aneh kaya kresek2 halus bunyi mesin.
    Ini gmn ngatasinnya ya gan? Mau claim garansi tapi katanya bless jelek bgt bisa berbulan2 atau ga balik tu hp :( Please help :(

    ReplyDelete
  5. Gan, please infonya. Baru beli redmi note 3 pro yg katanya rom MIUI Global 7.3.2.0 Nah ada 3 problem :
    1. Batre sempet ga mau di charge pada saat keadaan batre 0% atau mati total. Udah coba 24 jam ga naik2. Akhirnya coba pake cas redmi lain bisa, dan balik pake cas redmi punya ane eh balik normal jg.Itu masalah dmn nya ya?
    2.GA BISA RECORD VIDEO!! (nangis bombay) Press record button ga terjadi apa2. Coba pake aplikasi jg failed to record. Udah coba factory reset ga berhasil jg. Pusying..
    3. Hp kadang ngeluarin bunyi aneh kaya kresek2 halus bunyi mesin.
    Ini gmn ngatasinnya ya gan? Mau claim garansi tapi katanya bless jelek bgt bisa berbulan2 atau ga balik tu hp :( Please help :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya rada fatal bro, tapi untuk kasus pertama saya pernah alami battery di charge tidak naik. Jadi mungkin ini sedikit informasi mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan:

      1. Battery tidak naik; karena kemungkinan ada problem dengan battery stats. Saya pernah alami hal ini dah dapat diselesaikan dengan flashing ulang dan clear all. Tapi jangan lupa backup dulu yah bro.

      2.Fail to record video: Bisa jadi firmware yang di-install-kan ini ada masalah, saran saya hampir sama dengan nomor 1 coba deh flash ulang

      3. HP Bunyi kresek-kresek - Apakah maksudnya ketika switching kamera depan ke kamera belakang dan juga sebaliknya? Itu sepertinya penyakit yang sama hehehehe


      Btw memang sepertinya punya bro sudah pakai ROM Global 7.3.2.0 tapi yang pasti kalau sudah menggunakan ROM GLOBAL (Official) maka sudah ada notification untuk update ROM terbaru karena saat ini paling akhir sudah di 8.0.2 atau 8.0.3.

      Untuk masalah battery saya pernah upgrade ke -latest saat itu dan tidak menyelesaikan masalah. Harus flash-clean-all mungkin 2 kali baru bisa solve.

      Kalau tidak mau repot coba saja kembalikan bro; karena terus terang untuk ponsel seperti ini lebih baik cari aman dari pada kedepannya banyak masalah yang muncul.

      Itu saja saran saya; semoga membantu.

      Delete