Thursday, September 22, 2016

Xiaomi Xiaoyi Downgrade Firmware

Xiaomi Xiaoyi Smart Camera
"This Camera Can Only Be Used Within China",  Bermain dengan Xiaomi Xiaoyi versi awal (720p) dengan model China, ada resiko ketika firmware tidak sengaja terupgrade ke versi akhir atau ketika membeli langsung mendapat firmware akhir yakni Xiaomi Xiaoyi tidak dapat digunakan lagi.   Bagaimana ketika kondisi ini terjadi? Tidak perlu kawatir karena ada langkah mudah yang harus dilakukan untuk melakukan downgrade ke versi yang lebih lama. Ada banyak versi firmware Xiaomi Xiaoyi 720p yang lama; namun ada satu versi yang menarik untuk digunakan karena masih menawarkan "Bahasa Inggris" yang lebih gampang dimengerti dibandingikan Bahasa China. Disini firmware yang digunakan memberi fungsi tambahan yakni device ini dapat diaktifkan menjadi RTSP (Real Time Streaming Protocol) sehingga dapat digunakan sebagai enterprise IP Camera yang dapat dihubungkan dengan NVR(Network Video Recorder).
Disini akan coba diberikan langkah-langkah melakukan downgrade (menurunkan versi) Xiaomi Xiaoyi sehingga bisa digunakan kembali dan adapun hal-hal yang diperlukan untuk proses downgrade ini adalah sebagai berikut:
  1. Xiaomi Xiayi 720p China Version - Yang akan didowngrade bisa karena kesalahan upgrade atau saat beli sudah mendapat firmware yang berbunyi "This Camera Can Only Be Used Within China"
  2. MicroSD Card - Lebih besar dari 2MB, untuk size maximum tidak ada masalah menggunakan 64GB. Belum pernah dicoba menggunakan microsd > 64GB
  3. Laptop/Ponsel - Untuk melakukan format dengan File System (ms-dos) FAT32, jangan menggunakan file system ExtFAT karena tidak akan dikenali.
  4.  Firmware Lama Xiaomi Xiaoyi - Yang akan digunakan adalah versi 1.8.6, bisa didownload disini s.id/xiaomi  kemudian pilih folder Xiaoyi-720p-CN dan download file dengan nama xiaoyi-1.8.6B-rtsp.zip atau link langsung via Goo.gl  
  5. Nah kalau masih belum punya Yi Home (Khusus China) bisa juga download di s.id/xiaomi di folder yang sama. Atau gunakan Mi Home dengan Mainland China
Dalam firmware   xiaoyi-1.8.6B-rtsp.zip ini selain firmware Xiaomi lama ada tambahan fitur yang bisa diaktifkan dan sangat menarik untuk digunakan yaitu:
  1. Fitur RTSP (Real Time Streaming Protocol) - Fungsi ini sangat menarik karena Smart Camera ini akan menjadi IP Camera yang bisa dilengkapi NVR(Network Video Recorder) sehingga hasil video disimpan ditempat terpisah. Lebih aman karena ketika Smart Camera dicuri masih ada backup rekaman dalam NVR. Untuk menggunakan fitur ini yang perlu diketahui adalah alamat RTSP URL, dan ada dua mode untuk RTSP url yakni HD & SD, berikut alamat dari RTSP URL:
HD RTSP: rtsp://[IpAddress]:554/ch0_0.h264  
SD RTSP: rtsp://[IpAddress]:554/ch0_1.h264
  1. Fitur Command Line (Telnet) - Berfungi untuk melakukan perubahan konfigurasi tanpa harus melakukan "reset". Contoh ketika network berubah dari SSID Yukova.Com menjadi Krisna.Net tanpa harus melakukan reset dan install ulang. Untuk menggunakan fitur ini yang perlu diketahui adalah
    Username : root 
    Password : 1234qwer
    

    Fitur ini juga rentan di-otak-atik jika kita tidak aware terhadap keamanan.
  2. Fitur FTP (File Transfer Protocol) - Berfungsi untuk transfer file dari luar (put) atau dari dalam keluar (get). Fitur ini sangat rentan di-otak-atik karena hanya perlu username anonymous untuk masuk jika tidak aware terhadap keamanan lebih baik dinonaktifkan saja.
Telnet & FTP to Xiaomi Smart Camera


Nah langkah untuk downgrade/menurunkan versi firmware sangatlah mudah, berikut beberapa langkah yang diperlukan:
  1. Format/Kosongkan MicroSD file system harus Ms-DOS/FAT32 
  2. Extract Firmware xiaoyi-1.8.6B-rtsp.zip didalam MicroSD atau copy semua file hasil extract kedalam MicroSD,  ada 2 buah file yakni home & home.txt & sebuah folder bernama test yang didalamnya ada 3 buah file. Ingat salin semua file tersebut di ROOT MicroSD tidak didalam folder. 
  3. Matikan Xiaomi Xiaoyi (Smart Camera) kemudian pasang MicroSD yang sudah berisi firmware kemudian nyalakan
  4. LED akan warna orange blink/berkedip menandakan sedang melakukan downgrade kemudian akan menjadi solid orange/tidak berkedip, kemudian blue/biru.
  5. Ada suara "Powering on please wait" berarti downgrade sukses
Untuk lebih jelasnya simak video tutorial downgrade Xiaomi Xiaoyi (Smart Camera) dibawah ini


Sekedar informasi bahwa pada saat downgrade firmware ke versi 1.8.6B tidak terjadi perubahan konfigurasi sehingga harusnya tidak perlu melakukan konfigurasi ulang (jika kejadiannya adalah terupgrade secara tidak sengaja). Jika pembelian baru, ada baiknya melakukan reset untuk memastikan konfigurasi lama terhapus.

Demikian informasi mengenai cara downgrade Xiaomi Xiaoyi, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan dibagian komentar.



Terima Kasih 

68 comments:

  1. yu bayu.....iki wekku tak kirimno khon...oprekno please :v
    sekaligus golekn file APK gae nang smartphone e

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siyap bro monggo APK file monggo di check di http://s.id/xiaomi pilih folder Xiaoyi-720p-CN disitu ada Yi Home & Mi Home APK. Ngoprek-e gampang banget bro sikat ayo belajar dewe

      Delete
    2. yang masih belum bisa rtspnya....

      Delete
  2. pm en aku nang fb yo...suwun pek xixixixixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo yg gak bisa jual Rp 100 ewu nang aku hahahaha

      Delete
  3. Ok., nanti tak coba dulu di rumah..... Kalau masih nggak bisa tak kirim ke sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iki Duro ta? Lah gampang bro.. Nek gak didol 50ewu.. mudun wis hahaha

      Delete
    2. Weleh iki donny ta? tak kiro kancaku sing liane

      Delete
  4. gan punya saya tdak bsa downgrade knp Ya? sudah ikut langkah" diatas... tapi tidak ada tanda" downgrade, mohon bantuannya ( kalongdolar@gmail.com ) Nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah masih tetap muncul "This Camera Can Only Be Used Within China". Coba reset dulu saja bro. Tekan yang dibelakang ada lubang itu sampai ada informasi "reset is successful" atau bahasa china :).
      Yg diatas sudah dicoba beberapa orang dan sukses, tanpa harus reset sih.
      Juga jangan lupa pastikan partisi hanya FAT32 bukan EXTFAT

      Delete
  5. Hi, recently i purchase one of this Yi Ip Camera, x dapat nak downgrade, i dh ikt smua step2 yng brikut, xpi x jadi pon, i buat begini, Format Micro SD Card jdi FAT32, masukkn 3 file nama home yang 8mb home txt file lagi satu folder test direct. then sblum i on camera tu i dah format sekali dgn button belakng camera tu, so i masukan memori card tu, power on camera, lepas tu camera tu kate dalam cina, bukan Powering on please wait. masa power on first lampu tu warna biru kuning, (penukaran cepat) lepas tu warna kuning solid, lepas berkelip-kelip dalam warna kuning and cakap cina.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah masih dengan cakap china masih bisa digunakan?
      Format MicroSD dengan FAT32 betul namun kadang kita salah klik dan ter-format ExtFAT. Ini yang tidak akan mungkin bisa.

      Delete
  6. gan apakah versi keluaran 160622?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Versi keluaran bagaimana cara cek-nya bro? Memang ada hardware version yang lama; tapi terus terang bingung cara bedakannya. Saya ada 5 Xiaoyi tidak ada masalah dengan downgrade cara diatas

      Delete
  7. Bang, punya saya tidak sengaja terupgrade dari 1.8.6c ke 1.8.6q, serial yi 17cnxxxx. saya sudah coba berbagai macam cara u/ downgrade tidak berhasil. ada ide bang? thanks in advance.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya saya pernah saya upgrade ke Latest-Version// Saya lupa apakah 1.8.6q atau bukan tapi yang pasti latest. Dan Saya gunakan cara yang sama dan berhasil. Kemungkinan tidak berhasil biasanya karena MicroSD terformat bukan FAT32 tapi Ext Fat. Silahkan dioprek lagi bro. Thanks

      Delete
  8. jalan dengan lancar.. mempermudah sekali menggunakan bahasa inggris..

    ReplyDelete
  9. mas, punya saya 17cny saya coba downgrade tidak berhasil tidak mau mereset, ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba downgrade dengan firmware lain yah bro. Download langsung http://s.id/xiaoyi bisa dicoba firmware original maupun modified.

      Semoga bisa solved

      Delete
  10. saya sdh ikutin cara yg mas bayu ajarin.tapi msh gagal terus,mmc udh di format fat32.kira2 salah di mana mas yah?thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro Feri, coba ganti firmware dengan yang lain. Silahkan download http://s.id/xiaoyi ada 2 folder original maupun modified.

      Semoga solved problemnya bro

      Delete
  11. Mas, kalau untuk iphone cara koneksinya bgmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk IPhone maaf bro saya tidak punya. Maklum dompet terbatas untuk ambil iphone :)

      Delete
  12. mas, saya alamin hal serupa, tp yi dome.. piye ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah maaf mas Bagus untuk yang Yi Dome belum pernah punya mas hihi.
      Semoga harga Yi Dome jadi lebih murah lagi; lumayan bisa dioprek-oprek.

      Delete
  13. pak KRisna, mau tanya dong, cctv minta update, sudah ter update ke firmware 1.8.6.R
    mau saya dowgrade, ke 1.8.6.B, kok kagak bisa ya, tolong minta caranya, terima kasih, Sunyoto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Sunyoto,

      Mohon untuk dicoba untuk firmware yang lain. Silahkan download firmware di http://s.id/xiaoyi dan gunakan original atau modified firmware. Untuk caranya sama dengan tinggal diganti firmware berbeda saja.

      Semoga bisa solve problemnya

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Downgrade berhasil bro, pair juga berhasil, tapi pas dibuka di aplikasi yi home , connection cuma sampai 5% udah gitu gagal, ada solusi?

    ReplyDelete
  16. mohon solusi ya bro, sorry comment lagi yang tadi blum set notify me

    ReplyDelete
  17. Mas bayu mau tanya donk,,,saya bli cctv xiaomi international version tp kenapa tidak ada catatan waktunya yah?tidak seperti cctv xiaomi versi cina yg ada cacatan waktunya pada posisi pojok kiri atas,,,apakah ada cara untuk memunculkan catatan waktu pada cctv versi international,,,mohon pencerahannya :-)

    ReplyDelete
  18. Maaf mas bayu saya udah coba semua file yang mas bayu saran kan tapi ndak ada yang terbaca ama cctv nya,ndak mau di downgrade ,apa ada cara flas lewat pc mohon ingo nya makasi

    ReplyDelete
  19. hELLO, MY CAMERA DO NOT SEE MY MICROSD CARD, WHAT CAN I DO?

    ReplyDelete
  20. cara supaya bisa jadi ip camera gimana bro

    ReplyDelete
  21. Kalau beli xiaoyi baru biasa dapet versi 17CN ada tutorial di youtube https://www.youtube.com/watch?v=elq9fAuK2Ls&t=458s
    Sedangkan tutorial dari krisna.net untuk versi 12CN

    ReplyDelete
  22. Terimakasih mas panduannya, sekarang udah bisa lagi..tp bagaimana setting RTSPnya ya mas? apakah harus dengan wifi yang sama? karena sy coba belum berhasil menggunakan RTSP melalui VLC...

    ReplyDelete
  23. gan, ane kok belom bisa bisa ya?
    uda ditungguin sejam, indikator dia jalanin firmwarenya selain blinking oranje apa lagi ya? :D

    ReplyDelete
  24. Gan,klau mau downgrade apakah laptop harus download sofware apa lsg ya mohon infonya tq

    ReplyDelete
  25. Saya downgrade ga bisa ya padahal sdcard sudah diformat fat32 lalu hasil dari firmware zip nya disalin ke sdcard mohon infonya gan tq

    ReplyDelete
  26. Saya downgrade ga bisa ya padahal sdcard sudah diformat fat32 lalu hasil dari firmware zip nya disalin ke sdcard mohon infonya gan tq

    ReplyDelete
  27. it's work well, many thanks brother !!

    ReplyDelete
  28. Mohon bantuannya, punya saya terus menyala lampu orange, tidak bisa di reset...thanks

    ReplyDelete
  29. untuk versi 17cn mas gimana ya mas cara downgradenya

    ReplyDelete
  30. terimakasih sam, cam kembali normal

    ReplyDelete
  31. gan... punya saya sudah berhasil di downgrade, tapi pas pairing status ke handphon gagal terus minta reset terus... kenapa ya gan

    ReplyDelete
  32. gan, punya ane ketika dinyalain si cam lampunya nyala biru langsung berubah kuning solid tidak berkedip, lalu tiba2 mati, help bro...

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Thanks Gan... sukses.. cameranya kembali norma.. hehehehe

    ReplyDelete
  35. Gan kalo untuk Xiaoyi Dome gmn cara settingnya ? ane punya versi cina juga dan kaga bisa dipake

    ReplyDelete
  36. Mlm mas, apakah mengalami hal yang sama skrg pilihannya menu hanya update atau exit app? Sy masih pake firmware 1.8.6.1B_201603181307 bagaimana cara update yg aman? Terimakasih GBU

    ReplyDelete
  37. siang bro mau nanya apa bedanya mi home dan yi hom trims

    ReplyDelete
  38. saya punya cctv ip 720p nggak sengaja upgrade trs mau donwgred dgn cara tsb diatas selalu gagal kenapa ya,,,, tlg dong

    ReplyDelete
  39. bayu bisa tolong benerin langsung ga...cctv xiaomi saya juga begitu...kamu dijakarta bukan ya...

    ReplyDelete
  40. Siang Bro, ada ulasan terkait update firmware Xiaomi Xiao Fang 1080?dan aplikasi dengan bahasa inggris

    ReplyDelete
  41. Thanks mate, although i used google translate to get your instructions, it worked!!

    ReplyDelete
  42. tolong dong gan yang 17CNY ini gak bisa pake firmware yang mana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolong dibantu, punya saya 17CNY jg, kemaren sudah bisa. Kepencet update, skr coba downgrade ga berhasil. sudah coba
      1.8.5.1B_201513211614
      1.8.5.1K_201508311131
      1.8.5.1L_201506291725
      1.8.6.1B.02
      xiaoyi-1.8.6B-rtsp

      semua gagal. semua file saya sudah copy di root. saya check filenya berubah di sd card, namun waktu flash kok terasa cepat. yg saya lakukan.

      1. reset settingan di belakang camera xiomi yi, kemudian matikan tunggu 5-10 detik
      2. copy file di sdcard, semua file taruh di root
      3. masukkan sd card, kemudian hidupkan.
      4. pada proses flash, lampu warna orange standby kemudian kedap kedip, abis itu lgs minta koneksi. lampu boru tidak muncul, saya coba semua firmware sama, orange langsung minta koneksi, tidak ada lampu biru.
      5. apk yg saya download apk https://drive.google.com/drive/u/0/folders/0B0okw2Tdb05mQ1pVOWVUaEYzZnM

      saya coba versi ini, sama sekali tidak muncul bahasa english. , sudah 2 hari coba, ga ketemu solusinya. tolong di bantu min.

      Delete
    2. Versi xiomi yi saya berubah menjadi versi 1.8.7.0C dan tidak bisa di downgrade. help...

      Delete
    3. saya juga bgt persis sma masalahnya ada yg bisa bantu pleasee

      Delete
    4. saya juga bgt persis sma masalahnya ada yg bisa bantu pleasee

      Delete
  43. Blog dengan penjelasan sangat mudah, link yang diberikan berfungsi semua terlepas skrg tiap buka app selalu diminta update. So far saya tidak mau update dulu karena sepertinya firmware di xiaoyi hanya cocok dengan apk yg ada di google drive.

    Terima kasih untuk blognya, very helpful :)

    ReplyDelete
  44. bagaimana cara konek menggunakan telnet ke sana, port berapa ?

    Dan setting rtspnya bagaimana ?

    ReplyDelete
  45. thanks mas, sudah bisa dipakai setelah down grade.
    masih ada lagi yg belum ok mas, waktu mau playback di playernya kok ngga bisa presisi yah, pasti malah loncat ke depan.

    ReplyDelete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. TERIMA KASIH.. informasi dari anda sudah sangat membantu saya dalam mengaktifkan yi ant saya yg terupdate..
    semoga yang lain juga dapat ter bantu dengan adanya informasi dari anda..

    Tuhan Berkati

    ReplyDelete