Monday, October 3, 2016

Apakah Blokir DNS Efektif?

"Saya Mendukung Pemerintah/Kominfo Republik Indonesia & Internet Service Provider di Indonesia Dalam Melakukan Filter Terhadap Kontent Negatif (Terutama Pornograpi,  Terorism, & Gambling)"
Saya mendukung filtering terhadap website yang dapat diakses di Indonesia, namun sayang hingga saat ini setelah beberapa tahun melakukan blokir nyatanya filtering atau blokir yang dijalankan pemerintah maupun ISP amat sangat membabibuta; ada beberapa situs seperti reddit,vimeo atau site lain yang berguna tetap diblokir di Indonesia. Filtering Internet Indonesia menggunakan DNS filtering dimana request ke site yang diblokir akan diarahkan ke IP Address yang berbeda dengan yang aslinya dan dalam hal ini biasanya dibelokkan ke Portal Provider. Adapun yang menjadi kekurangan Filtering DNS salah satunya adalah ketika sebuah domain/website address diblokir maka total akses akan terhenti. Misalkan dari 100%  sebuah website contoh vimeo namun ketika ada 1% saja konten yang membuat "Pemerintah Marah" maka website tersebut total tidak akan dapat diakses. Dan memang inilah yang saya alami ketika menggunakan layanan TelkomSpeedy.
Harapan saya pemerintah lebih smart dalam memberikan filtering pada sebuah website tidak semua  diblokir tapi hanya sebagian  yang tidak berkenan saja dan karena pada kenyataannya Youtube, Twitter maupun Facebook yang banyak juga konten negative tidak diblokir.
  

Adakah Jalan Keluar?
Ada beberapa hal yang menarik untuk digunakan untuk mengelabuhi filter DNS yang antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan DNS Lain -  Google memberikan Public DNS yang bisa digunakan 8.8.8.8 & 8.8.4.4 public DNS yang bisa digunakan siapapun. Kekurangan : Jika  menggunakan internet service provider seperti Telkom IndiHome/Speedy maka akan terbentur dengan transparent DNS yang diberlakukan oleh Telkom. Dan sebagai tambahan bahwa Telkom AstiNet & IP Transit yang notabene Layanan Enterprise juga diberlakukan hal yang sama.
  2. VPN (Virtual Private Network) - Berfungsi seperti membuat terowongan network sendiri sehingga aktifitas network tidak terpantau. Kekurangan : Untuk menggunakan layanan ini dibutuh VPN server yang biasanya berbayar walau adapula yang memberikan layanan free namun tidaklah banyak. Dan hati-hati dengan informasi yang dikirimkan ke VPN network karena bisa saja Provider VPN mendengarkan apa yang anda lakukan. Saran jika menggunakan layanan ini alangkah baiknya hanya network/address tertentu saja yang diarahkan ke VPN jadi traffic ke VPN tidaklah besar. Contoh Arahkan DNS 8.8.8.8 & 8.8.4.4 kemudian lakukan pengaturan pada Laptop menggunakan DNS tersebut.
  3. Gunakan TOR (The Union Router) - Cara kerja TOR adalah dengan cara mengarahkan lalu-lintas  internet pribadi ke situs/network lain melalui jaringan sukarelawan yang disediakan dengan gratis dan di seluruh dunia. Prinsipnya mirip dengan VPN namun TOR lebih bebas tanpa harus memikirkan servernya dimana & pastinya gratis. TOR berfungsi untuk menjaga privasi pengguna, menjamin kebebasan berinternet dan berkomunikasi terlepas dari pantauan provider maupun pemerintah. Kekurangan : Jaringan TOR memang banyak namun sayang tidak banyak yang memiliki kualitas bandwith yang baik alias "lemot".
  4. Web Proxy - Cara mudah untuk melakukan akses ke website yang diblokir adalah menggunakan webproxy, dan web proxy yang paling menarik untuk digunakan adalah Translate/Proxy Google. Kekurangan:  Tidak semua komponen website dapat diakses seperti video dan plugin yang lain.


Sebenarnya ada cara lain namun terlalu teknis untuk dibahas dan  ada satu cara lagi yang lebih mudah yang akan sering saya gunakan yakni menggunakan Opera. Namun sebelumnya pertanyaan dari judul "Apakah Blokir DNS Efektif?" mungkin jawabannya adalah efektif namun banyak hal yang dikorbankan untuk memblokir sesuatu yang tidak layak ditampilkan, semoga Pemerintah dalam hal ini KomInfo lebih giat untuk mencari solusi yang terbaik.


Desktop Opera 
Untuk saat ini hanya versi Opera Developer Browser yang sudah terintegrasi dengan VPN, sedangkan versi Stable maupun beta sepertinya belum tersedia fitur ini. Dan sebenarnya beberapa browser lain yang juga sudah dilengkapi fitur VPN walaupun  harus menggunakan AddOn/Extention untuk mengaktifkan fitur seperti ini atau fitur TOR namun terus terang ada beberapa kekawatiran yang ketika menggunakan fitur AddOn/Extention atau TOR. Adapun apa yang ditawarkan Opera memiliki keunggulan yang antara lain:
  1. Trusted Connection - Pendapat pribadi bahwa Opera lebih bisa dipercaya dalam menjaga privasi dibandingkan software abal-abal dengan peer network (jaringan) asal-asalan
  2. Speed -  Faktor Speed atau kecepatan sangat perlu diperhitungkan, dan dengan menggunakan Opera VPN bisa didapatkan speed yang lebih baik.  Screen shot diatas 5.68Mbps dari speedy Telkom Speedy (6.5Mbps) dan sedang digunakan juga unggah video dan menggunakan youtube.
  3. Trusted Software - Opera siapa yang tidak tahu dengan nama browser ini. Dan jika dibandingkan dengan pembuat Addon/Extention untuk Google Chrome atau Firefox maka sepertinya Opera lebih bisa dipercaya
  4. No Bandwidth Limit - Hingga saat ini belum ada limit; apakah ini akan berlanjut atau hanya sesaat, maaf saya tidak tahu
Ingin mencoba? Silahkan gunakan link dibawah ini untuk download aplikasi Opera Developer:

Bagaimana dengan mobile phone? Untuk android phone opera memberikan sesuatu yang jauh lebih menarik dan akan ditulis tempat yang terpisah.

Semoga tulisan ini membantu anda untuk mencari ilmu dan bukan ilmu "bokep"  atau ilmu "Judi" atau ilmu-ilmu yang tidak jelas.


Terima Kasih





  

1 comment:

  1. I am very grateful for this enlightening article. I am new to this issue, but for me it elucidated several questions. Congratulations on your knowledge on the subject. Thank you very much.
    ID Photos Pro 8.0.2

    ReplyDelete